Suka mengunyah Es Batu? Hati hati!! Simak 3 Fakta berikut tentang Bahaya Mengunyah Es Batu!




Minum es atau minum air dingin merupakan hal yang biasa kita lakukan saat haus dan dahaga. Es dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh saat kepanasan. Minum es memang bukan kebiasaan buruk, namun ada hal yang bisa membahayakan jika es batunya kita kunyah.

Menurut naturalhealthmag.com, mengunyah es batu adalah salah satu bentuk kegiatan memakan benda yang bukan makanan. Hal ini bisa menjadi tanda anemia. Dikutip dari boldsky.com, ini fakta berbahaya yang harus kita tahu tentang kebiasaan makan es batu:

Inilah Tiga Fakta Berbahaya Dari Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Bisa merusak gigi: Kebiasaan mengunyah es batu dipastikan membuat gigi kita rusak. Karena es batu yang keras dapat mengikis enamel atau lapisan luar gigi sehingga bisa menyebabkan masalah terutama buat kita yang punya gigi sensitif. Es batu yang dingin juga bisa bikin gigi terasa ngilu.

Membuat Mual dan Diare: Makan es batu juga bisa memicu dehidrasi dan mual. Hal ini karena kandungan es batu yang kita kunyah belum tentu benar-benar sehat. Beberapa es batu yang bebas dijual di pasaran, bukan yang kita bikin sendiri di rumah, kadang terbuat dari air mentah yang mengandung bakteri berbahaya. Bakteri tersebut antara lain seperti bakteri Ecoli yang bisa menyebabkan diare.

Tubuh Kekurangan Nutrisi: Hal berbahaya lainnya jika kita sering makan es batu bukan hanya terjadi pada gigi tapi juga berdampak untuk tubuh kita. Sering makan es batu ternyata bisa menurunkan nafsu makan, sehingga tubuh akan kekurangan gizi dan nutrisi.


Nah sahabat.. kebiasaan mengunyah es batu ternyata menimbulkan resiko berbahaya bagi tubuh kita. Jika memang kebiasaan ini merugikan dan tidak bermanfaat sebaiknya jangan lakukan lagi.