Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa yang Terjadi Ketika Kita Tertawa 15 Menit Setiap Hari?


Tertawa dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, karena dengan tertawa maka hati akan ikut bahagia, dan hati yang senantiasa bahagia akan rutin memproduksi hormon bahagia yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh bahkan menghilangkan rasa sakit.

Oleh sebab itu, kita disarankan untuk tertawa minimal 15 menit dalam sehari, agar semua ketegangan dalam diri kita mencair, sehingga fisik dan mental pun ikut sehat.

Lalu, kira-kira apa yang terjadi di dalam tubuh saat kita tertawa selama 15 menit per hari? Berikut efek yang terjadi ....

Otot-otot ikut berolahraga

Menurut berbagai penelitian, tubuh kita seperti sedang berolahraga saat kita tertawa. 80 jenis otot tubuh akan mengkerut dan rileks secara berirama. kebanyakan otot-otot yang ada di bagian perut, belakang badan dan wajah. Tertawa bukan sekedar penawar duka namun dapat juga memancing ketenangan jiwa dan melegakan otot.

Melancarkan peredaran darah

Tekanan darah, pernafasan dan kadar denyutan jantung akan meningkat selama tertawa dan melancarkan peredaran darah. Saat tertawa terhenti, tekanan darah akan kembali normal. Proses ini dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Meningkatkan Jumlah Oksigen

Kita menghirup udara lebih banyak saat tertawa, sehingga ini akan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan selanjutnya dapat mengaliri sel syaraf dan otak. Proses ini dapat membantu menyegarkan otak dan daya ingat.

Meningkatkan imunitas tubuh

Hormon bahagia (endorfin) akan dikeluarkan saat kita tertawa. Endorfin dapat meningkatkan imunitas dan mengurangi rasa sakit, sehingga saat kita menjenguk orang yang sakit, hibur lah penderita dengan humor yang ringan agar dapat tertawa, sehingga sakitnya dapat berkurang.

Terhindar dari Serangan Jantung


Peneliti asal Universitas Maryland melaporkan seseorang yang selalu tertawa lebih sulit mendapat resiko terkena serangan jantung.

Tertawa dapat memperbaiki hubungan antara sesama manusia


Menurut berbagai penelitian, sesorang yang senang humor cenderung memiliki tubuh sehat dan hidup lebih lama, selain itu tertawa juga dapat memperbaiki hubungan antar sesama, sehingga membuat semua menjadi cair dan semakin akrab satu dengan yang lain.

----------

Ternyata, dengan hanya tertawa selama 15 menit, kita mendapatkan banyak manfaat. Mari kita berusaha untuk tertawa selama 15 menit. Namun ingat, jangan sampai Anda tertawa tanpa ada sebab, apalagi sampai tertawa sendiri di depan umum, bisa-bisa Anda dianggap kurang waras, hehehe...


Referensi:
Majalah Sihat, M-alaysia , edisi bulan Juni tahun 2015