Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Daftar Tanaman yang Harus Anda Miliki di Dalam Rumah


Tanaman sudah lama menjadi sahabat manusia dalam membantu menyediakan oksigen bagi kita, tapi beberapa tanaman dapat membantu lebih dalam kesehatan anda:

1. Lidah Buaya
Dikutip dari laman doktersehat.com, lidah buaya sering dianggap sebagai penanda udara yang sudah tidak sehat dan dikenal sebagai ahli pembersih udara. Bahkan satu pot lidah buaya kurang lebih sama dengan sembilan pembersih udara biologis. Lidah buaya menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida, dan karbon monoksida. Pada saat dilingkungan kita memiliki jumlah racun di udara telah melebihi jumlah yang sehat maka daun pada tanaman Aloe terlihat berbintik hitam seakan ingin memberi tahu Anda kalau artinya sinyal untuk pertolongan.

2. Ivy/ Sirih Belanda
Ivy atau dikenal dengan Sirih Belanda adalah tanaman dalam ruangan paling efektif dalam menyerap formaldehida. Ukuran Ivy per meter persegi dapat menyerap hingga 1,49 gram formaldehida. Selain itu juga menyerap zat-zat berbahaya seperti benzena. Dalam 24 jam, ivy dapat menyerap 90% dari benzena dalam ruangan. Benzena dihasilkan dari sisa pembakaran dan digunakan dalam pembuatan plastik yang beracun bagi tubuh.

3. Kaktus
Siapa yang tidak kenal dengan tanaman kaktus yang sangat mudah perawatannya. Tapi taukah Anda ternyata Kaktus sangat besar potensinya dalam menghilangkan bakteri. Selain itu dalam kasus pencemaran, kaktus juga besar untuk mengurangi radiasi. Kaktus adalah tanaman terbaik dalam memfilter udara dan mengatasi radiasi. Kaktus juga baik sebagai penyerap karbon dioksida di malam hari untuk melepaskan oksigen sehingga adanya kaktus di dalam ruangan sangat membantu dalam tidur dan menambah kuantitas.

4. Pachira
Ini adalah tanaman sahabat keluarga perokok. Pachira adalam penyerap asap yang baik. Kalau anda tidak dapat menghindari perokok di rumah anda maka waktunya anda memiliki tanaman ini di sekitar anda untuk membantu menyerap asap, karbon dioksida, monoksida, dan melepaskan oksigen.

5. Chlorophytum / Lili Paris
Chlorophytum adalah tanaman yang dapat melakukan fotosintesis di bawah cahaya lemah dan menyerap udara berbahaya. Bahkan menurut penelitian satu pot Chlorophytum di kamar seluas 200 kaki persegi cukup untuk digunakan sebagai filter udara untuk menyerap karsinogen (formalin dan stirena) dan melepaskan oksigen. Selain itu dapat mengurai benzena dan nikotin dalam tembakau juga.

6. Suplir Adiantum
Mungkin ini tanaman yang wajib dimiliki para orang IT dan kantoran. Adiantum mampu menyerap radiasi dan menyerap Xylene dan Toluene yang dihasilkan oleh monitor dan printer. Adiantum menyerap 20 mikrogram per jam formaldehyde dan dianggap salah satu tanaman sebagai pembersih alami yang paling efektif. Apabila rumah anda baru di cat dan ada perokok maka Anda harus mempertimbangkan Adiantum sebagai dokter tanaman Anda. (*)