Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kroket Ayam Kentang Special


Bahan kulit:

– 500 gram kentang, kupas, potong ukuran 3 x 3 cm
– 1 buah kuning telur
– 1/4 buah pala parut halus
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 2 – 3 sendok makan susu kental manis (optionl)
– 2 sendok teh garam

Bahan isi:

– 1 sendok makan margarine untuk menumis
– 4 siung bawang merah, cincang halus
– 3 siung bawang putih, cincang halus
– 200 gram daging ayam cincang
– 1/2 batang wortel, rajang kotak kecil
– 1 batang daun bawang, rajang halus
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1/4 buah pala, parut dengan parutan keju
– 1 sendok makan kecap asin
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan saus tiram
– 1 sendok teh gula pasir
– 100 ml susu cair
– 1/2 sendok makan tepung maizena
– 1/4 sendok teh garam, jika kurang asin

Kocokan telur (kocok jadi satu):

– 1 butir telur
– 2 sendok makan susu kental manis
– 25 ml air

Bahan lainnya:

– breadcrumbs atau tepung panir secukupnya untuk melapis adonan

Cara membuat:

Membuat kulit kroket

1. Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng kentang hingga empuk dan permukaanya sedikit kecoklatan, jangan terlalu lama menggoreng hingga kentang menjadi kering. Test kematangan kentang dengan menusukkan bagian tengah dengan garpu atau pisau, jika ujung garpu melesak dengan mudah maka kentang telah matang. Segera angkat dan tiriskan.
2. Dinginkan kentang, kemudian proses kentang dengan chopper atau food processor atau anda bisa juga menumbuknya manual dengan ulekan batu hingga menjadi adonan yang smooth.
3. Tuangkan adonan ke piring atau mangkuk, masukkan semua bahan kulit lainnya, aduk hingga rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Sisihkan.

Membuat tumisan isi

1. Siapkan wajan, panaskan margarine hingga meleleh. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan ayam cincang, aduk dan tumis hingga daging ayam berubah warnanya.
2. Tambahkan wortel, aduk dan masak hingga wortel dan ayam matang.
3. Masukkan semua bahan tumisan isi lainnya kecuali susu cair dan maizena, aduk dan tumis selama beberapa detik saja. Masukkan susu cair dan tepung maizena, aduk dan masak hingga tumisan mengental dan menggumpal. Cicipi rasanya seusaikan rasa asin dan manisnya, angkat dan dinginkan.

Membentuk kroket

1. Ambil sekitar 1 1/2 sendok makan adonan kulit kroket (saya membuat ukuran yang jumbo), pipihkan adonan di permukaan tangan. Jika adonan lengket olesi permukaan tangan dengan minyak goreng.
2. Letakkan 1 sendok makan tumisan isi di tengah-tengah adonan kulit, bungkus tumisan isi dengan adonan kentang dan bulatkan. Gelindingkan kroket di permukaan tangan hingga berbentuk bulat lonjong yang smooth. Tata adonan di permukaan piring, dan bentuk sisa adonan lainnya hingga habis.
3. Celupkan bulatan adonan kroket ke dalam kocokan telur hingga seluruh permukaanya tertutup rata oleh telur. Tata kroket yang telah dicelupkan di kocokan telur di wadah datar lainnya, lakukan pada semua adonan kroket.
4. Cuci tangan anda hingga bersih dan keringkan hingga benar-benar kering. Jatuhkan sebuah adonan secara hati-hati di permukaan tepung panir/breadcrumbs, siram seluruh permukaan kroket dengan tepung panir hingga tertutup rata.
5. Kemudian tekan-tekan kroket di permukaan telapak tangan hingga tepung menempel dengan baik, tambahkan tepung panir kembali jika kurang tebal. Tekan tepung panir di permukaan kroket sambil bentuk kroket diperbaiki agar mulus.

Menggoreng Kroket

1. Tata kroket yang telah dilumuri dengan tepung panir di permukaan piring datar dan lakukan pada semua adonan kroket lainnya.
2. Siapkan wajan anti lengket, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng kroket dengan api kecil saja sambil kroket dibalik-balik agar permukannya matang merata. Jika telah berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan.
3. Kroket siap disantap. Super yummy!

Selamat mencoba yah bund