Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pandan Jenis Ini TERNYATA Bisa Menunjukkan Keberadaan BERLIAN!!


Pandan biasanya dipakai sebagai tambahan penyedap atau pewarna makanan di rumah-rumah. Namun, pohon pandan satu ini terbilang istimewa, karena keberadaannya menjadi tanda berlian tersimpan di bawahnya.

Pandanus candelabrum, spesies pandan langka asal Afrika ini oleh ilmuwan Universitas Miami, Amerika, dikatakan hanya tumbuh di atas tanah yang di dalamnya tersimpan berlian. Padahal, awalnya pandan ini tidak pernah dilirik karena dianggap sebagai tumbuhan gurun biasa.

Perlu diketahui, berlian merupakan jenis batuan mulia yang terbentuk jauh di dalam tanah. Berlian baru akan naik ke permukaan setelah terdorong oleh aktivitas vulkanik gunung berapi.

Lalu, berlian-berlian itu akan terkumpul di dalam pipa bawah tanah yang disebut kimberlite. Nama kimberlite diambil dari daerah ditemukannya pipa berlian pertama, Kimberley, Afrika Selatan.

Nah, pandan spesies Pandanus candelabrum baru-baru ini diklaim hanya tumbuh di tanah tepat di atas pipa kimberlite. Tak ayal, pandan langka itu menyabet gelar tumbuhan pertama yang menjadi tanda keberadaan berlian.

"Pemburu berlian pasti akan berlomba-lomba menemukan pandan langka ini bak orang gila," ujar salah satu ahli geologi Universitas Miami, Gizmodo (06/05).

Akan tetapi, menemukan pandan P. candelabrum tidak lah mudah. Sebab, pandan langka ini biasanya tumbuh tersembunyi di tengah-tengah semak-semak padang gurun Afrika.


Sumber  :  merdeka.com