Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah, Kulit, Hingga Daun Salak Ternyata Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan


Tanaman salak mempunyai nama latin Sallaca Edulis. Buah salak mudah ditemukan di daerah mana saja di Indonesia dan selalu tersedia di pasaran karena tanaman salakjika berbuah hampir tidak mengenal musim.

Rasa buah umunya manis agak sepat. Banyak nutrisi yang dikandung dalam buah salak seperti kalsium, saponin, tanin dan kalsium.

Bagian yang bisa dimakan pada buah salak sekitar 50% dan setiap 100 gram buah salak mengandung Protein 0,40 g, Kalori 77kal, Karbohidrat 20,9 g, Kalsium 28mg, Fosfor 18mg, Zat Besi 4,2mg Vitamin B 0,04mg, Vitamin C 2mg, dan Air 750 mg.

Salak ternyata juga sangat bermanfaat bagi manusia, pasalnya hingga buah, kulit dan daunnya bisa digunakan sebagai obat.

Untuk penyembuhan seperti untuk menghentikan diare, lantas apabila umumnya makan salak dapat mengakibatkan kesusahan buang air besar didalam kandungan menengah. terkadang kulitsalak juga di pakai didalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat.

Inilah Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

1. Memelihara Kesehatan MataBetakaroten yang ada didalam buah salak amat baik untuk kesehatan mata. msc dari pusat litbang gizi serta makanan departemen kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa kandungan betakaroten didalam 100 gram salak semakin banyak 5, 5 kali dari buah mangga, 3 kali dari buah jambu biji serta 5 kali dari buah semangka merah. betakaroten yaitu di antara zat anti oksidan yang banyak ada didalam sayuran wortel, yang notabene amat bermanfaat untuk kesehatan mata.

2. Obat Diare Atau Mencret

Dengan memakan daging buahnya yang tetap muda sejumlah 20 gram. kandungan zan tanin dala buah salak amat baik untuk menyembuhkan diare.

Khusus untuk ibu hamil baiknya hindari makan buah salak, dikarenakan dapat mengakibatkan konstipasi atau sukar buang air besar (bab). jikalau ibu hamil tetap ingin makan buah salak, baiknya janganlah buang kulit ari (kulit tidak tebal yang melekat pada buahsalak) dikarenakan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, di mana amat menolong sekali didalam sistem membuat lancar buang air besar.

Untuk Ramuan Herbal Dari Buah Salak Inilah Caranya!

Cara membuat ramuan herbal Kulit Buah Salak :

1. ambillah kulit buah salak 100 gr ( janganlah gunakan buah ).

2. bilas dengan air hingga bersih.

3. kemudian masukkan ke didalam kuali ( janganlah kuali aluminium, atau besi ).

4. tuangkan dengan air 1000 ml.

5. rebus memakai api kecil sekali, hingga mendidih airnya.

6. saring serta minum airnya.

7. kulit salak yang telah direbus tidak dapat dipergunakan kembali.
buah salak sebagai obat ambeien

Cara membuat ramuan herbal Daun Salak :

1. ambil daun salak secukupnya, lantas bersihkan sampai bersih
2. rebus dengan air bersih, komposisinya yaitu tiga daun salakuntuk satu gelas air ( 200 cc )
3. setelah masak, saring, imbuhkan gula merah secukupnya.
4. minum pada saat hangat 2 kali sehari

Lalu Apakah Daun Salak Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan ?

Tentu saja, Daun salak juga ternyata bermanfaat untuk mengobati penyakit wasir. Tak hanya buahnya, daun salak juga memliki faedah serta manfaat untuk menyembuhkan ambeien, cara penyembuhan :

Ambillah 5 lembar daun salak. lantas rebus daun salak tersebut dengan 2 gelas air berukuran tengah.
campur air rebusan daun salak dengan gula merah. saring air rebusan. minum air rebusan tersebut sekurang-kurangnya 2 kali 1 hari. Semoga Bermanfaat. (abs/berbagai sumber)