Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Video Aksi Penghadang Moge Harley Davidson di Yogya

Seorang warga Yogyakarta berani mengingatkan para pengendara motor gede (moge) yang tidak tertib berlalu-lintas di kawasan Ringroad Utara, Depok Sleman. Video penghadangan mode itu pun mulai ramai ditonton di youtube.

Penulusuran detikcom, Minggu (16/8/2015), video itu berjudul "Semua pengguna jalan harus taat peraturan lalu lintas" dan diunggah oleh akun bernama Maju Pantang Mundur. Terlihat video itu diunggah tanggal 15 Agustus 2015, hari yang sama saat Pria bernama Elanto Wijoyono atau Joyo (32) itu beraksi menghadang pengguna Moge ada yang melanggar aturan berlalu lintas.



Dalam keterangannya, akun Maju Pantang Mundur menuliskan kalimat berikut:

"Pada detik-detik awal sikitar detik 20an, ada truk box yang berhenti karena iya tau lampu lalu lintas sudah merah. Dan monggo di cek Pasal 59 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang aturan penggunaan rotator dan sirine, dan PP No. 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi yang menjelaskan Pasal 65," tulis akun itu.

Saat melihat ke dalam rekaman itu, sekitar 20 moge menerobos lampu merah yang dikawal oleh patwal kepolisian. Padahal sebuah kendaraan truk yang berada di belakang mode berhenti saat lampu merah sedang menyala. Moge ini juga menggunakan rotor dan sirine.

"Cari patwalnya," terdengar suara yang hendak mencari patwal kepolisian yang membawa rombongan mode itu.

Anehnya, terlihat beberapa polisi lantas yang berada di sana juga membuka jalan untuk moge itu dan menahan kendaraan lainnya untuk melaju.

Joyo maju ke depan dan mencoba menghadang laju moge. Tindakan Joyo itu dibalas oleh pengendara moge dengan menggeber gas kendaraannya sehingga raungan mesin semakin membesar dan berlalu begitu saja.

Rombongan pertama moge ini pergi begitu saja dan Joyo mencoba menepi ke arah kiri dan berbicara dengan seorang polisi. Selang beberapa detik, rombongan moge kedua juga melintas. Kendaraan yang melaju dari arah kiri sempat berhenti dan memberikan jalan kepada rombongan mode itu. Melihat aksi itu, Joyo maju ke depan garis penyeberangan. "Enggak bisa ini pak," kata Joyo kesal dan mencoba berbicara dengan seorang polantas di sana.

"Ini menganggu pak," kaya Joyo pada polisi. Sayangnya polisi itu hanya diam dan terus bekerja memberi jalan kepada pengendara moge.

Joyo kembali ke tengah bersama rekan-rekanya dan menghadang para moge itu. "Lampu merah," kata Joyo. Joyo bersama rekannya tetap berdiri di tengah dan menghadang kendaraan. Polisi yang berada di sekitarnya hanya menyaksikan dan memberikan jalan kepada kumpulan moge itu.

Hingga pukul 9.30 WIB, video ini telah ditonton 6000an orang. Video ini berdurasi 9.39 menit.