Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

RAHASIA DI BALIK LAMANYA RUKU’ DAN SUJUD DALAM SHALAT


Mungkin ada yang pernah pergi ke dua tanah suci heran dengan lamanya ruku’ dan sujud saat shalat di sana. Melama-kan ruku’ dan sujud itu bukan tanpa alasan, tapi berdasarkan sandaran dari tuntunan Nabi -shollallohu alaihi wasallam-, simaklah hadits berikut ini:
.
Suatu hari Abdullah bin Umar -rodhiallohu anhuma- melihat seorang pemuda sedang shalat, dia memanjangkan shalatnya dan melamakannya, maka beliau bertanya: siapa yang tahu orang itu? Maka ada yang menjawab: Saya.
.
Beliaupun mengatakan: seandainya aku mengenalnya, tentu aku akan menyuruhnya untuk MEMANJANGKAN ruku’ dan sujudnya, karena aku pernah mendengar Nabi -Shollallohu alaihi wasallam- bersabda:
.
"Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan”. [Lihat Silsilah shahihah: 1398, sanadnya shahih].
.
Ternyata semakin lama kita ruku' dan sujud, semakin banyak dosa kita yang dilepaskan dari kita, tidak inginkah dosa Anda banyak diampuni?! Selain itu juga, ternyata ruku' dan sujud shalat kita bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut Manfaat Ruku' dan Sujud Bagi Kesehatan ....

Manfaat Ruku'


Ruku yang sempurna bisa di tandai apabila kita meletakan gelas di punggung maka tidak akan tumpah sebab anatara kepala dan tulang belakang atau punggung sejajar. Posisi ruku yang sempurna bermanfaat menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf dan posisi jantung sejajar dengan otak sehingga bagian tengah badan kita bisa teraliri darah dengan sempurna. 

Posisi tangan tertumpu pada lutut ini sangat bermanfaat untuk merelaksasikan pada otot-otot bahu sampai ke bawah. Mnerut penelitian posisi ruku ini juga sangat bermanfaat untuk melatih kemih sehingga terhindar dari penyakit prostat.

Manfaat Sujud


Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah ini kaya dengan kandungan oksigen yang bisa mengalir secara maksimal ke otak.

Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, oleh karena itu sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Demikian beberapa Manfaat Ruku' dan Sujud Bagi Kesehatan. Maka lamakanlah ruku’ dan sujud Anda..!
.
Silahkan disebarkan, semoga bermanfaat.



Mudahan-mudahan Allah selalu mempermudah langkah kita, di manapun dan dalam keadaan apapun kita berada. Aamiinn..


Sumber : dari berbagai sumber.