Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resep Donat JCO Spesial Empuk Dan Lembut

Dari berbagai resep donat yang pernah saya buat, menurut saya pribadi donat JCO sepesial ini adalah donat paling enak dan sangat mudah membuatnya. Donat JCO spesial ini adalah donat kesukaan anak dan suami saya di rumah, maka dari itu untuk buntik2 pembaca setia INIResep wajib untuk mencobanya di rumah

Cara Membuat dan Resep Donat JCO
Resep Donat J.C.O


BAHAN-BAHAN DONAT JCO 

1 Tepung terigu cakra 225 gram
2 Garam halus 1/8 sdt
3 Air 150 ml
4 Ragi instan 7 gram
5 Tepung Terigu Cakra 50 gram
6 Kocok Lepas telur, lalu bagi dua bagian yang sama [hanya setengah yang di gunakan] 1 butir
7 Susu bubuk full cream 15 gram
8 Mentega putih 30 gram
9 Gula pasir 30 gram

Cara Membuatn Donat JCO

Pertama-tama campurkan bahan 225 gram tepung terigu cakra, 1/8 sendok teh garam halus, 150 ml air, 7 gram ragi aduk-aduk sampai rata/sedikit mngkalis. Biarkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 90 menit atau 1 jam setengah
Setelah 90 menit tambahakan bahan 50 gram tepung terigu cakra, 1 butir telur kocok lepas, kemudian menjadi dua bagian yang sama, 15 gram susu bubuk full cream, 30 gram mentega putih, 30 gram gula pasir lalu uleni dengan menggunakan tangan sampai adonan donat JCO menjadi kalis. Waktu saya meng uleni tidak sampai 15 menit.
Kemudian setelah adonan mengkalis diamkan lselama kurang lebih 15 menit, sama dalam wadah tertutup

Sesudah 15 menit, gilas adonan donat JCO setebal 1 cm dan diamkan lagi selama 10 menit.
Kemudian cetak adonan menggunakan cetakan donat atau anda bisa cetak sendiri dengan menggunakan tangan, kalo semua adonan beres anda cetak diamkan kembali selama 10 menit.
Sambil menunggu anda panaskan minyak goreng dan goreng donat JCO hingga matang (gunakan api kecil saja agar donat JCO matang sempurna).

Setelah warna donat berubah menjadi coklat keemasan angkat dan tiriskan
Setelah dingin anda tinggal anda kasih toping atau hiasan dengan berbagai aneka hiasan seperti cokelat, keju, meises warna warni sesuai selera masing-masing.
Donat siap di hidangkan dan paling enak sambil di temani satu cangkir teh.

Tips untuk resep ini
Dalam menggunakan ragi/Fermipan di usahakan raginya masih baru, biar nantinya adonan donat mengembang dengan sempurna. Gunakan Mentega tawar seperti Orchad Butter, supaya nanti hasilnya donat lebih nikmat.