Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WAJIB BACA! Inilah Makanan Makanan Alami untuk membersihkan Hatimu!


Hati atau liver merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat vital seperti melawan infeksi yang menyerang tubuh anda, memproses makanan yang telah di serap dari usus kita, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah, membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda.

Karena tingkat polusi lingkungan yang terus berkembang, maka tubuh akan terkena sejumlah besar polutan. Dan, semua ini bisa disimpan dalam hati melalui aliran darah. Oleh karena itu, membersihkan organ hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar benar dan tetap sehat.

Sebagaimana dikutip dari situs Deutsche Welle, berikut berapa jenis makanan dan minuman yang berkhasiat membersihkan hati dan menunjang fungsinya.

Wortel

Wortel mengandung pro-vitamin A dalam bentuk beta karoten dalam kadar tinggi. Makan wortel bagus untuk menjaga kesehatan hati karena tubuh akan mengubah provitamin A menjadi vitamin A. Minum jus wortel bagus untuk membersihkan hati. Tapi jangan berlebihan karena beta karoten juga bisa memicu keracunan hati.

Teh Hijau

Mengandung unsur katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi minuman teh hijau dalam porsi rasional setiap hari terbukti mampu memelihara keseimbangan fungsi hati.

Sayuran Hijau

Kol atau brokoli mengandung unsur isotiosianat yang ampuh memerangi penyakit kronis seperti sirosis hati. Sayuran hijau juga mengandung unsur yodium yang penting bagi kesehatan kelenjar getah bening yang berfungsi memicu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

Bawang Putih

Selama ribuan tahun bawang putih sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan yang ampuh menyembuhkan beragam penyakit. Bawang putih memiliki efek membersihkan darah, bermanfaat bagi sistem pernafasan dan kini juga terindikasi memiliki efek melindungi hati.

Alpukat

Riset ilmiah di Jepang membuktikan potensi alpukat dalam memblokir radang hati dan menekan risiko keracunan hati pada tikus percobaan. Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan konsumsi alpukat dikombinasikan dengan makanan yang mengandung beta karoten membantu hati menyerap unsur provitamin A dan mengubahnya menjadi vitamin A.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi mencegah pembentukan trigliserid di dalam hati. Dengan konsumsi minyak zaitun bisa dihindari risiko timbunan lemak dalam hati yang akan mengganggu fungsinya. Juga disarankan kurangi konsumsi lemak serta minuman ringan berkadar gula tinggi.

Kurkuma alias Kunyit

Mengandung unsur kurkumin dalam kadar tinggi yang berkhasiat antioksidan. Unsur ini juga berfungsi mereduksi peradangan pada hati yang bisa memicu berbagai penyakit kronis lainnya.

Bayam

Mengandung unsur betaine yang merupakan komponen nutrisi penting yang menguntungkan fungsi hati. Betaine juga terbukti bisa mencegah munculnya beragam penyakit kronis.

Jus Jeruk Sitrun

Jus jeruk sitrun atau lemon sudah terkenal sejak dulu memiliki efek membersihkan hati. Jus sitrun juga punya khasiat membersihkan saluran pencernaan dari racun yang membahayakan fungsi hati.

Demikianlah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membersihkan hati dan meningkatkan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.