Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Keuntungan Melakukan Hubungan Seks Bagi Kesehatan Mental


Pasangan yang telah menikah di sarankan untuk melakukan hubungan seksual yang rutin dan teratur. Tetapi, hubungan seksual bukan hanya sekedar melampiaskan kebutuhan biologis bagi pasangan suami-istri. Melakukan hubungan seksual secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Pada sisi lain, hubungan seksual dapat mengurangi resiko terserang berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker prostat.

Hubungan seksual tidak sekadar membahas hubungan fisik bersama pasangan Anda. Hubungan seksual akan mempengaruhi keseimbangan mental dan emosi diri Anda. Keseimbangan mental dan emosi yang baik akan mempermudah Anda dalam menjalani aktivitas setiap hari.


Bagi pasangan suami-istri, keseimbangan mental dan emosi yang baik akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis dan berwarna yang terlihat dari kehidupan sehari-hari. Berikut ini 3 keuntungan melakukan hubungan seksual untuk mental dan emosi

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri dirasa penting bagi siapapun didunia ini, sepintar apapun anda jika perasaan minder selalu menghantui yang pasti akan menurunkan performa.

Sebuah fakta yang diperoleh para peneliti dari University of Texas, AS menunjukkan bahwa satu dari 237 alasan orang melakukan aktivitas seksual adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Fakta  itu didukung oleh Gina Ogden, Ph.D yang mengatakan bahwa banyak orang beropini aktivitas seksual dapat meningkatkan rasa percaya diri dan perasaan nyaman. Kondisi ini bukan berarti rasa percaya diri dapat  Anda peroleh dengan semakin banyaknya melakukan hubungan seksual. Tetapi jika Anda sudah merasa diri Anda lebih baik, kehidupan seksual yang sehat dapat membantu perasaan Anda lebih baik lagi.

Meredam Stres

Setiap hari kita tidak bisa lepas dari berbagai aktivitas yang menguras banyak pikiran. Aktivitas yang padat dan menguras pikiran akan membuat diri Anda menjadi mudah stres. Akibatnya Anda menjadi susah berpikir dan menjadi kurang produktif. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk membebaskan diri Anda dari stres dan menjadikan diri Anda lebih produktif.

Salah satu manfaat terbesar dalam hubung¬an seksual adalah menurun¬kan tekanan darah dan meredam stres. Jurnal Biological Psychology melaporkan sebuah penelitian melibatkan 24 wanita dan 22 pria. Mereka melakukan hubung¬an seksual minimal seminggu sekali secara rutin. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan tekanan darah yang relatif stabil pada pria maupun wanita responden. Hal ini diakui merupakan bagian dari pengaruh aktivitas hubungan seksual bersama pasangan masing-masing. Perlu diingat bahwa aktifitas seksual merupakan olahraga dengan intensitas sedang-tinggi.

Seks Meningkatkan Keakraban

Siapa yang berani menyangkal ini? Hubungan seksual yang sehat mempu meningkatkan keakraban yang luar biasa diantara pasangan.

Bagi Anda pasangan yang sudah menikah, hubungan seks dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Orgasme dapat meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh. Kadar okstosin yang tinggi berhubungan erat dengan perasaan nyaman dan membantu menumbuhkan rasa saling percaya pada pasangan. Peneliti dari Pittsburgh University &North Carolina University  mengevaluasi 59 wanita pra menoupouse yang melakukan foreplay (pemanasan) bersama suaminya lalu diakhiri dengan pelukan. Hasilnya mereka mengaku menemukan kedekatan dan kadar hormon oksitosin yang ikut meningkat tajam.

Kesehatan mental dan emosi yang baik akan membantu Anda untuk mencapai kehidupan yang lebih produktif dan berwarna. Anda bisa mendapatkan kesehatan mental yang lebih optimal dengan menambahkan aktivitas lain seperti rutin berolahraga, aktif dalam pergaulan, dan membangun komunikasi yang baik dengan dengan banyak orang.