Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Cara Alami Menghindari Gigitan Nyamuk


Nyamuk adalah serangga kecil yang Kehadirannya di sekitar kita cukup mengganggu dan membuat kita tidak nyaman. Terlebih lagi ia datang di saat kita terlelap tidur bahkan ada jenis nyamuk yang sangat berbahaya yang gigitannya bisa membuat manusia terserang penyakit. Untuk dapat terhindar dari gigitan nyamuk banyak cara di lakukan oleh kita. Namun cara tersebut kadang memberi dampak yang kurang baik pada kesehatan kita dan keluarga. Biasanya kita lebih memilih cara yang praktis untuk mengusirnya dengan menyemprotkan obat pengusir nyamuk. Hal itu memang cukup membantu, namun obat tersebut kemungkinan besar akan terhirup juga oleh kita. Padahal jika itu terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan kita. Bahkan kita bisa keracunan. Supaya terhindar dari hal yang tidak di inginkan, Maka tak ada salahnya apabila ditempuh kiat-kiat sederhana ini memberantas nyamuk yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pertama Jauhi genangan air, termasuk selokan yang mampet, cangkir bekas minum burung yang masih berisi air, atau kolam renang mainan anak. Pokoknya, segala wadah yang berpotensi untuk nyamuk berkembang biak. Bahkan bak mandi kita yang terlihat bersih, harus di kuras minimal satu minggu sekali karena nyamuk senang berkembang juga di tempat air yang jernih.

Kedua Upayakan rumah kita bebas dari sampah yang berbau dan menjaga agar selalu bersih. Hindari banyak menggantung baju yang bekas di pakai karena Beberapa spesies nyamuk tertarik pada aroma keringat, wangi parfum, sabun, dan lotion wangi

Ketiga Kalau Anda terpaksa berada di lokasi yang berpotensi banyak nyamuk (petang hari, di daerah bertanah basah, penuh pepohonan, rawa, atau danau), sebaiknya gunakan lotion pengusir nyamuk yang mengandung bahan aktif Deet. Tapi hati hati penggunaan pada anak-anak berika lotion yang konsentrasinya cukup 10 – 30% saja. Perhatikan cara penggunaannya. jika tidak menemukan lotion anti nyamuk bisa mengosokan daun daunan yang memiliki bau yang menyengat ke kulit kita.

Keempat cara tradisional yang praktis, sederhana, dan murah menghindari gigitan nyamuk. Cara ini secara tradisional dilakukan masyarakat pedesaan di Flores, terutama Ende. Dan terbukti sangat ampuh menghindarkan kita dari gigitan nyamuk. Ambil buah jeruk atau lemon jenis apa saja. Belah dan peraslah airnya, lantas oleskan pada bagian tubuh yang rawan gigitan nyamuk. Tentu saja, setelah diolesi air jeruk, kulit kita akan berbau seperti sambal atau soto dicampur jeruk. Tapi justru air jeruk yang baunya menyengat itu menyebabkan nyamuk enggan mendekat dan tak mau menggigit.

Kelima jika di sekitar kita ada pohon pepaya, ambil beberapa lembar daun pepaya dan taruh di ruangan. Nyamuk pun tidak berani datang.

Nah.. Itulah cara sederhana agar kita terhindar dari gigitan nyamuk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca. Hari ini bertambah sedikit lagi pengetahuan kita.. selain cara atau tips pencegahan di atas.. ternyata air jeruk bisa kita manfaatkan agar kita terhindar dari gigitan nyamuk.