Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Donat Kentang Isi Cokelat Bisa Dibuat dengan 6 Langkah Ini

Donat kentang dengan isian cokelat bisa Anda buat sendiri. Kue ini bisa untuk camilan ataupun sajian arisan​ yang enak.​

Teskturnya yang empuk dengan isian cokelat lumer sangat pas dijadikan camilan. Santap donat manis dengan secangkir kopi atau teh hangat. Dijamin suasana kumpul keluarga atau teman semakin hangat dan menyenangkan.



1. Bahan
Bahan donat: 400 gr tepung terigu protein tinggi, 50 gr gula pasir, 20 gr susu bubuk, 1 sdt ragi instan, 50 gr kentang kukus halus, 1 btr telur, 200 ml air es dan 50 gr mentega serta minyak padat secukupnya.

Bahan isi: 80 gr susu cair, 250 gr cokelat blok dan 50 gr gula halus untuk taburan.



2. Campur adonan
Masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan dan kentang halus, aduk rata. Kemudian tambahkan dengan telur dan masukkan air es sedikit demi sedikit​. Tambahkan mentega, ​sambil diuleni hingga kalis. Diamkan sekitar 15-20 menit dalam keadaan tertutup.

3. Timbang adonan
Sisihkan dan timbang adonan dengan berat masing-masing 50 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit. Setelah itu giling bentuk oval dan diamkan lagi dalam keadaan tertutup selama 40 menit hingga mengembang. Agar tak lengket saat di angkat, sebaiknya loyang untuk proses pengembangan diberi taburan tepung terigu.



4. Goreng
Panaskan minyak padat dengan api sedang, masak hingga donat berwarna kecokelatan dikedua sisinya.

5. Buat isian
Panaskan susu cair dan potongan cokelat blok hingga l​eleh lalu angkat.​ Masukkan dalam kantong ​semprotan kue​ agar lebih mudah untuk memasukkannya.

6. Sajikan
Lubangi bagian sisinya dengan sumpit. Semprotkan adonan cokelat leleh pada bagian dalam donat. Untuk mempercantik, Anda dapat menaburkan donat dengan gula halus sesaat sebelum disajikan.