Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Infused Water + 8 Cara Membuatnya: Solusi Buat Kamu yang Gak Suka Air Putih

Yang namanya manusia itu mutlak butuh minum air. Lebih dari 50% badan kita aja terdiri dari cairan, kalau kurang asupan cairannya bisa-bisa badanmu ‘macet’. ‘Macet’nya kreasi Tuhan yaitu tubuh kita ini akibatnya bahaya. Jadi pastikan kamu gak pernah kurang minum.

Walaupun butuh, kamu tetap harus hati-hati dengan jenis minuman yang kamu minum. Hati-hati dengan minuman bersoda, berkafein, yang manis-manis, atau yang bahan bakunya cauwgyft7acuyiwrnfo9u alias gak bisa kamu baca. Pilihan paling aman sih emang air putih. Tapi bahayanya, orang-orang justru banyak yang malas minum air putih. Ya gara-gara apalagi kalau bukan gak ada rasanya. Nah kalau kamu termasuk golongan yang gak doyan sama air putih, infused water adalah solusi yang harus kamu coba.


biar air putihmu gak membosankan via farahquinn.com

Apa sih infused water? Buat yang belum akrab sama tren baru ini, infused water itu air yang ‘disisipi’ sama rasa lain. Nah tapi pilihan dan sumber rasanya all natural alias gak pakai bahan kimia. Seperti buah-buhan, sayuran, atau tanaman herbal. Prinsip dasar untuk buat air sehat tapi berasa ini juga mudah banget. Cuma tinggal merendam bahan-bahan itu dalam air putih. Tapi jangan dikira air kobokan yang pakai jeruk nipis di restoran itu juga bisa diminum ya.

Air sisipan (eh apa ya bahasa Indonesianya Hipwee bingung, ya udah deh infused water aja biar gak salah kaprah), itu yang jelas jauh lebih sehat daripada minuman kalengan atau botolan penuh pemanis buatan dan pengawet yang dijual di toko-toko. Atau es teh dengan gula bejibun yang biasanya menemani makan siangmu di warung.

sehat dan menyegarkan via fierceforwardforlife.com

Bahkan ada juga yang percaya bahwa sebenarnya infused water itu juga lebih sehat daripada buahnya langsung atau dalam bentuk jus. Kenapa? Karena bahkan gula alami yang terkandung dalam buah pun kalau berlebih masih tetap bahaya. Nah kalau infused water buahnya kan gak dimakan langsung tapi rasa dan vitaminnya dikit-dikit keluar, jadi diminum sebanyak-banyak pun gak apa-apa.

Apalagi pilihan rasa infused water itu gak terbatas. Kamu bisa bermain dengan imajinasimu untuk mencampur berbagai bahan alami yang bakal memberi rasa ke air putihmu. Nah tapi kalau kamu mau tahu racikan spesial yang udah terbukti kelezatannya, coba deh resep-resep infused water di bawah ini.

1. Resep Paling Klasik, Infused Water dengan Campuran Buah Sitrus

bukan kobokan lho ini via media-cache-ec0.pinimg.com

Resep ini bisa jadi racikan infused water yang pertama kali dibuat kali ya. Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum dari dulu emang udah terkenal bakal buat rasa air tambah segar. Kandungan vitamin C-nya juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buah sitrus ini juga cocok banget untuk infused water karena konsentrasi rasanya bisa keluar dengan baik alias ‘kerasa’.

Nah tapi yang seringkali jadi masalah dan buat infused water ini gagal adalah kulit lemon, jeruk nipis, atau jeruk lain yang menimbulkan rasa pahit kalau direndam lama-lama. Padahal semakin lama direndam, rasanya akan semakin yahud. Jadi gimana dong? Ya buang aja kulit-kulitnya terlebih dulu.



kalau gak mau infused watermu pahit via infusedwaters.com

Sebenarnya sih gak ada resep yang pakem untuk rasio antara air dan buahnya, tergantung selera aja. Kalau kamu suka rasa kecut-kecut sitrus boleh masukin banyak-banyak. Kalau mau yang sedang-sedang saja, sekedarnya saja masukin buah-buahnya. Tapi kalau mau ngikuti yang udah ahli buat infused water ini nih resepnya.

Untuk 1 liter air, kamu cukup menyiapkan 1 buah lemon dan 1 buah jeruk nipis. Cukup masukkan 2 potongan lemon dan 2 potongan jeruk nipis yang udah dikuliti. Lalu peras sari dari buah yang tersisa untuk menguatkan rasa. Rendam dan simpan di kulkas selama 24 jam untuk hasil optimal atau minimal 3 jam biar sekedar kerasa. Minuman ini bisa kamu terus minum selama 2 hari jika disimpan di kulkas.

Nah kalau tampilannya kurang menarik, gara-gara buahnya kita kuliti, kamu bisa saring lagi infused watermu dan tambahkan potongan baru lemon dan jeruk nipis yang gak dikuliti biar cantik.

2. Rasa Semriwing Alami Yang Bisa Meluruhkan Adiksi Sodamu, Infused Water dengan Daun Mint

yang jelas lebih sehat daripad soda via media-cache-ec0.pinimg.com

Disamping buah sitrus, daun mint juga merupakan salah satu rasa yang selalu bisa diandalkan dalam ilmu meracik infused water. Haduh dah berasa sekolah aja pakai ilmu-ilmuan. Artinya dipadu-padankan dengan buah atau sayuran apapun, rasa mint ini cuma bakal membuat rasa infused watermu tambah enak. Daun mint juga kaya dengan kandungan antioksidan yang bagus untuk pencernaan dan tentunya bisa buat nafasmu gak bau.

Lagi-lagi, gak ada aturan pakem untuk mencampur daun mint dan airmu. Yang perlu diingat adalah untuk merobek atau meremat daun mintnya terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan air. Langkah ini bertujuan untuk melepaskan minyak alami dari daun mint-nya. Lalu simpan dan didinginkan dalam kulkas semalaman. Kalau udah mau diminum, lebih baik air disaring dulu dan tambah es untuk efek yang lebih semriwing.

3. Rasa Segar Yang Bagus Untuk Otot Dan Kulitmu, Infused Water dengan Timun

asal jangan timun bekas maskeran aja yang dibuat minuman via reneeclerkin.com

Nah ini nih satu lagi bahan yang juga bisa jadi pilihan utamamu dalam racikan infused water, timun. Kenapa timun adalah pilihan ciamik untuk infused water? Selain rasanya yang segar, kulitnya tidak akan membuat infused watermu pahit seperti lemon atau jeruk. Jadi membuat infused water dengan timun jauh lebih gak repot. Pastikan saja kamu tidak lupa mencuci timun atau buah-buah lain dengan baik supaya tidak ada sisa pestisida dalam minumanmu. Kan mau buat minuman sehat, masa dimasukin racun?!

Disamping gak repot, timun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan silika dalam timun ternyata baik untuk menjaga kesehatan otot dan kulitmu. Potongan timun yang sudah direndam berjam-jam dalam air dingin pun bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi peradangan jerawat. Airnya selain jadi minuman segar, juga bagus untuk cuci muka. Wah multifungsi banget ya sayuran satu ini.

Untuk rasa terbaik, kamu perlu membiarkan infused water selama 12 jam. Infused water ini juga gak perlu repot-repot kamu saring lho, tinggal minum aja.

Nah Udah Kenal Dengan Bahan-Bahan Klasik, Yuk Mulai Tambah Kreatif

4. Infused Water Dengan Campuran Strawberry, Jeruk Nipis, Timun, dan Mint

mungkin setelah berjam-jam pun strawberrynya masih enak dimakan lho via backtoherroots.com

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 4 buah strawberry, 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah timun, dan daun mint secukupnya. Simpan dan dinginkan di kulkas. 10 menit aja sebenarnya udah kerasa, tapi kalau mau lebih nendang simpan saja semalaman.

Strawberry itu buah yang ok banget untuk infused water karena bisa tetap menjaga bentuk dan rasanya walau udah berjam-jam direndam. Apalagi warnanya juga cantik.

5. Infused Water Nanas + Mint

bagus lho buat persendian

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1/2 buah nanas potong, dan 6-8 lembar daun mint. Nanas itu termasuk buah yang butuh waktu cukup lama supaya rasanya keluar. Jadi pastikan kamu sudah menyimpan rendaman ini paling tidak selama 8 jam sebelum diminum. Hasil terbaik akan diperoleh dari rendaman 8-12 jam. Infused water ini juga lebih baik disimpang dengan menggunakan botol atau kontainer yang ada tutupnya.

Nanas sendiri kaya dengan kandungan bromelain yang sangat bagus untuk melindungi persendianmu dan juga ampuh untuk melancarkan pencernaanmu. Rasa manis alami nanas juga cocok dengan berbagai kombinasi buah atau sayuran lain lho.




6. Belimbing dengan Strawberry : Infused Water Segar plus Rendah Kalori

manis dan berkalori rendah via infusedwaters.com

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1 buah strawberry dan 3 potong belimbing. Pastikan kamu memilih buah belimbing yang benar-benar sudah matang sehingga rasa manisnya nendang. Persiapan untuk resep ini juga tergolong gak repot karena kamu gak perlu mengupas apapun, tinggal potong-potong aja. Simpan rendaman ini selama 4-24 jam di kulkas, lalu langsung dinikmati.

Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, belimbing juga merupakan salah satu buah dengan kalori terendah. Artinya walaupun manis, minuman ini ternyata rendah kalori. Jadi minum banyak-banyak juga gak apa-apa.

7. Infused Water Semangka dengan Seledri: Cepat, Herby, Segar!

segar dan cepat via foodnetwork.sndimg.com

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 4 potongan sedang semangka dan 5-6 lembar daun seledri. Berbeda dengan nanas yang perlu waktu cukup lama biar berasa, kamu justru tidak boleh meninggalkan rendaman semangka ini lama-lama. Simpan racikan potongan semangka dan daun seledri yang sudah dirobek-robek di kulkas selama 2-4 jam saja. Kamu akan kaget dengan kesegaran rasa yang dibubuhi rasa herbal ini.

Gara-gara rasanya yang sangat menyegarkan dan cepat mengeluarkan rasa, buah semangka ini cocok untuk jadi pilihan buat kamu yang gak mau nunggu berjam-jam atau sampai semalaman. Apalagi manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah, cocok banget untuk deh untuk menenangkan hatimu yang suka buru-buru hehe.

8. Apel dengan Kayu Manis: Cocok Banget Buat Diminum Saat Musim Hujan

bisa menghangatkan tubuh dari dalam via infusedwaters.com

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1/4 apel merah yang dipotong tipis-tipis dan satu batang kayu manis utuh. Trik untuk membuat infused water ini adalah untuk menggunakan air es dingin dan langsung disimpang di kulkas. Cara ini diperlukan untuk mencegah warna apel berubah jadi coklat. Karena apel juga buah yang susah mengeluarkan rasa, kamu perlu menyimpan rendaman ini selama 4-24 jam di kulkas.

Nah berbeda dengan infused water lain yang lebih segar kalau diminum dingin-dingin, infused water ini jauh lebih sesuai dinikmati pada suhu ruangan. Di suhu ruangan, kamu akan bisa lebih merasakan sensasi manis apel dan kayu manis yang membuatmu merasa hangat dari dalam. Kayu manis juga bermanfaat menurunkan gula darah dan meningkatkan daya konsentrasi. Jadi minuman ini cocok kalau kamu lagi malas minum minuman hangat tapi pingin kehangatan di musim hujan seperti ini.

Nah gimana resep-resepnya? Menarik dan mudah banget kan untuk dicoba? Apalagi kalau emang kamu gak bisa minum air putih, infused water bisa jadi alternatif sehat buat asupan cairanmu. Kalau mau tahu lebih banyak resep lagi, cek di sini. Silakan dicoba ya!

Dikutip Dari : hipwee.com