Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini kebangganmu jika terlahir kidal



Tak perlu minder jika kamu kidal atau lebih banyak menggunakan tangan kiri. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu banggakan.

Brilio.net - Umumnya manusia menggunakan tangan kanan untuk makan, menulis, bermain bulu tangkis, dan lain-lain. Ada sebagian orang yang melakukan aktivitas sehari-haridengan menggunakan tangan kiri untuk aktivitasnya sehari-hari. Menjadi kidal kadang akan menyulitkan dalam beberapa hal, namun dalam beberapa bidang orang kidal lebih jago lho.

Enggak percaya? Berikut ini brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, keuntungan-keuntungan yang hanya dimiliki oleh orang kidal. 

1. Jago mengemudi
Kabar baik bagi kalian yang kidal, penelitian menunjukkan hasil bahwa sebanyak 57% orang kidal lulus pada ujian berkendara yang pertama. Sedangkan orang yang tidak kidal tingkat keberhasilannya sebesar 47%. Dan  para pembalap seperti Ayrton Senna dan Valentino Rossi juga orang kidal. Wow!

2. Lebih Jenius
Biro Nasional Riset Ekonomi Amerika Serikat menemukan bahwa orang kidal dengan pendidikan sampai ke perguruan tinggi mampu menghasilkan pendapatan 15% lebih banyak dibanding teman-teman mereka yang tidak kidal. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa rata-rata orang kidal berpotensi menjadi tokoh jenius di dunia dan IQ mereka rata-rata diatas 140.

3. Juru Ketik yang handal
Siapa bilang bahwa kidal itu menghambat untuk mengetik ataupun mengoperasikan PC? Menurut penelitian orang dengan kemampuan kidal bisa mengetik 3.400 kata pada keyboard qwerty standart sedangkan orang dengan tangan kanan yang lebih aktif hanya mampu mengetik sebanyak 450 kata.

4. Problem Solver yang baik
Mensa, sebuah organisasi internasional untuk orang orang pemilik IQ tertinggi di dunia melaporkan bahwa sebanyak 20% anggotanya adalah orang kidal. 5 presiden terakhir Amerika Serikat kecuali George W. Bush juga adalah orang-orang kidal. 

Fakta ini menunjukkan bahwa orang kidal lebih cerdas dan cenderung berbakat sebagai orang yang memiliki skill memecahkan masalah lebih baik dibanding mereka yang bukan kidal.

5. Jago di beberapa olahraga
Jangan merasa minder jika kamu seorang kidal. Orang kidal memiliki kemampuan yang lebih hebat untuk beberapa cabang olahraga. Misalnya tenis dan tinju. Pemain tenis dan tinju yang kidal akan lebih disegani oleh lawannya, karena mereka mudah mengecoh dan memiliki strategi sendiri.

6. Enggak perlu lama-lama mengantre
Di beberapa supermarket menyediakan kasir dengan antrian dari sisi kanan dan sisi kiri. Hmm, kamu tahu maksudnya? Jadi ada keuntungan lho menjadi kidal karena pasti antrean kasir lebih pendek dibanding dengan kasir yang mengantri dari sisi kanan.

7. Lebih kreatif
Daniel Geschwind,seorang spesialis genetika dari University of California, Los Angeles menjelaskan bahwa orang kidal menggunakan kedua sisi otak ketika berhadapan dengan bahasa. Faktanya orang yang menggunakan sisi otak kanan memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Untuk masalah seni, orang kidal juga ternyata lebih handal dibanding yang bukan kidal. musisi besar dunia,Beethoven juga seorang kidal.

8. Jago Multi tasking
Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa orang kidal mampu mengkoneksikan dua belahan otak lebih baik dibanding yang bukan kidal. Oleh karena itu mereka menjadi lebih jago ber-multi tasking. Orang kidal berfikir lebih cepat dan efisien,  sehingga melakukan multi tasking atau dua hal sekaligus dengan tangan kanan dan kirinya menjadi lebih mudah dilakukan.

Jadi jangan meremehkan atau memandang sebelah mata orang kidal ya..