Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Manfaat Kulit Bawang Merah Yang Jarang Diketahui

Banyak orang menganggap bahwa makanan yang sehat dan bergizi itu mahal sehingga untuk mengkonsumsinya setiap hari akan menguras anggaran belanja, sebenarnya ada bahan makanan yang mungkin tersembunyi di rak dapur dan jarang diketahui oleh Anda, makanan itu adalah kulit bawang merah !

Masyarakat Indonesia sering kali membuang beberapa bagian yang paling bermanfaat dari buah dan sayuran dalam kehidupan sehari-hari, salah satu bagian yang sering kali dibuang adalah kulit padahal bagian ini mempunyai banyak nutrisi bagi tubuh.

Ahli gizi menganjurkan kita supaya tidak membuang beberapa kulit sayuran dan buah, terutama kulit bawang, kulit jeruk dan kulit melon karena kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan manusia.


Beberapa manfaat kulit bawang merah mungkin belum pernah kita ketahui, tetapi beberapa ahli gizi menyebut kulit bawang merah sebagai “makanan super !" Yuuk kita cari tahu apa saja manfaatnya dan alasannya kenapa !

Manfaat Kulit Bawang Merah Yang Jarang Diketahui
Perlu dipahami bahwa kulit bawang merah itu selalu dibuang baik di pasar atau dapur, bayangkan berapa ton dalam setiap harinya makanan bergizi ini dibuang begitu saja ! Berikut manfaat kulit bawang merah untuk kesehatan : 

Pertama, kulit bawang merah mengandung quercetin, quercetin adalah suatu pigmen tanaman yang bisa membantu Anda mengurangi tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau stroke.

Kedua, zat antidioksidan dan quercetin yang terkandung dalam kulit bawang merah diyakini memiliki efek anti-inflamasi (anti radang) yang membantu penyembuhan penyakit dengan gejala peradangan. 

Ketiga, kulit bawang merah mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan, dan kulit ini pun mengandung senyawa fenolik yang diketahui dapat mencegah penyakit koroner.

Keempat, manfaat kulit bawang selanjutnya ialah dapat membantu menyembuhkan kaki kram, caranya dengan merebus kulit bawang dalam air dalam waktu 10 sampai dengan 20 menit kemudian angkat kulit dari air. Minumlah ramuan ini layaknya seperti minum teh sebelum tidur, maka dalam waktu seminggu akan terasa khasiatnya dalam menyembuhkan kaki kram.

Kelima, kulit bawang merah dapat dijadikan campuran dalam tepung terigu, sehingga Anda bisa makan roti dengan kandungan antioksidan !

Bagaimanakah saya makan kulit bawang merah karena rasanya tidak enak ? 

Benar kulit bawang merah itu tidak enak jika langsung dikunyah dan ditelan, namun anda bisa memanfaatkan kulit bawang merah dengan menjadikannya sup dan minuman,kulit bawang merah dapat meningkatkan rasa lezat tetapi ingat Anda harus mengeluarkannya sebelum disajikan.

Manfaat kulit bawang merah sebagai pupuk juga telah diketahui dalam bidang pertanian, cara cukup menaburkan kulit bawang merah pada tumpukan pupuk kompos yang dibuat maka lahan pertanian pun menjadi lebih subur.

Yup itulah manfaat kulit bawang merah yang jarang diketahui, kami harap Anda jangan membuat kulit sayuran ini karena bermanfaat sekali.