Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

INILAH Manfaat Minyak, Buah Dan Daun Zaitun


Minyak zaitun (olive), yang merupakan minyak buah-buahan diperoleh dari olive (Olea europaea, keluarga Oleacea),tanaman pohon tradisional dari lembah Mediterania. Minyak zaitun biasanya digunakan untuk memasak, kosmetik, farmasi, sabun dan untuk minyak lampu. Selain itu Orang Mediterania, menganggap minyak zaitun lebih dari hanya makanan, tetapi minyak zaitun mempunyai fungsi magis, obat, sumber pesona dan keajaiban yang tak pernah habis serta sumber kekuatan dan kesejahteraan. Minyak minyak zaitun lebih menyehatkan dibandingkan dengan sumber lemak makanan lainnya, karena kandungan lemak tunggal tak jenuh dan polifenolnya.

Dalam Islam, minyak zaitun dimuat dalam Al-Qur’an surat An Nuur ayat 35 : Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di barat(nya), yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing pada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.


Demikian pula firman Allah : Dan pohon kayu ke luar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan (Al Mu’minun : 20). Pohon zaitun terdapat dalam dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 11 : Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan). Sedangkan buah zaitun terdapat dalam surat Al An’aam ayat 99 : (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya diwaktu pohonnya berbuah dan (perhatikanlah pula) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. Al An’aam ayat 141 :Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak sama.

Minyak zaitun juga dipakai oleh Rasulullah s.a.w dengan sabdanya : Pakailah minyak zaitun dan minyakilah tubuhmu karena itu berasal dari pohon yang diberkahi. Dalam sabda beliau yang lain, bahwa minya zaitun dapat mengobati 70 penyakit.

Daun zaitun bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun/ketahanan tubuh manusia. Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Yunani kuno sebagai pembasuh luka. Daun zaitun juga dipakai sebagai obat kandung kemih dan riset menunjukkan, bahwa daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula dalam darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun tersebut juga mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus dan bakteri.

KHASIAT BUAH ZAITUN

Antara khasiat buah zaitun ialah:

* Membaik pulihkan perut
* Mengeluarkan cacing
* Menjadi penawar racun
* Minyaknya menghaluskan kulit
* Minyaknya melambatkan tumbuh uban
* Menghilangkan melecur kena api.

Khasiat Minyak Zaitun

Kalau Anda rajin menyantap makanan ala diet Laut Tengah yang kaya akan buah, sayur-sayuran, ikan dan –yang tak dapat dilupakan– minyak zaitun, penyakit mematikan seperti Alzheimer, jantung, kanker tak akan berani mendekat.

Dari studi terhadap 605 pria dan wanita yang menderita jantung yang dibagi dua kelompok –kelompok dengan diet Laut Tengah dan kelompok yang tak dengan diet ini– pada 70 persen dari kelompok pertama bisa tereduksi risiko serangan.

Itulah sebabnya mengapa penderita jantung di Spanyol, dua pertiga lebih rendah ketimbang negara-negara di Eropa Utara.

Mari kita biasakan menggunakan minyak zaitun untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Kalau ingin meminumnya, baca aturan minumnya di bawah ini.

Untuk Pengobatan :

– Dewasa = 3 x 3 sendok makan setiap hari (setelah makan)
– Anak = 3 x 3 sendok teh setiap hari (setelah makan)

Untuk Menjaga Kesehatan :
– Dewasa = 3 x 1 sendok makan setiap hari (setelah makan)
– Anak = 3 x 1 sendok teh setiap hari (setelah makan)

“Bersabar dan bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya setiap penyakit ada obatnya dengan izin Allah SWT”

Khasiat :

DIMINUM

1. Mencegah kanker payudara, kanker kulit, kanker kolon, dan kanker rahim.
2. Menurunkan kolesterol
3. Mencegah hipertensi
4. Mengatasi penyakit cacing
5. Mengurangi resiko serangan jantung

DIOLES/DIGOSOK

1. Menjaga kelembaban kulit
2. Menghaluskan kulit dan menjadikan kulit tampak bersinar
3. Mencegah kanker kulit
4. Mengatasi komedo (kombinasi dengan madu)
5. Menjadikan rambut berkilau
6. Mencegah ketombe /gatal-gatal di kepala.

Trims.