Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Sederhana Untuk Menjaga Perut Tetap Ramping Anti-Buncit


Perut ramping adalah impian banyak orang khususnya usia setengah baya, baik pria maupun wanita. Ketika mulai menginjak usia 20an tahun, biasanya tanda~tanda perut buncit sudah mulai tampak.

Jika demikian, kebanyakan dari kita mulai rajin melakukan latihan sit~up. Namun, tidak semua orang berhasil mengecilkan perut buncit hanya dengan melakukan gerakan tersebut. Karena perut buncit berhubungan erat dengan masalah abdominal fat khususnya lemak visceral.

Cara paling efektif untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan memperbaiki gaya hidup secara keseluruhan. Termasuk memperbaiki pola makan, istirahat teratur serta aktif bergerak seperti rutin olahraga kardio (latihan yang bertujuan melatih organ jantung).

Bernafas dalam-dalam
Dan selain gaya hidup sehat sebagaimana disebut diatas. Menurut Erin Palinski-Wade (dalam reference portal, Dummies) menyebutkan bahwa ada satu lagi kebiasaan positif yang dapat membantu seseorang mendapatkan perut ramping yakni, bernafas dalam~dalam.

Caranya adalah ....
Lakukan secara rutin setidaknya 2x sehari, pagi dan petang. Tarik nafas dalam~dalam melalui hidung, tahan sejenak, lalu keluarkan melalui mulut. Ulangi latihan pernafasan semacam ini antara 5 hingga 10 kali.

Posisi bebas. Namun sikap yang sangat disarankan adalah dengan duduk bersila, badan tegak namun tetap rileks serta telapak tangan ada pada lutut.

Ketika menarik nafas, tangan mengikuti seraya menengadah bergerak perlahan ke atas. Saat melepaskan nafas melalui mulut, gerakan tangan juga mengikuti seperti halnya gerakan mendorong. Gerakan secara perlahan dan lakukan dengan penuh penghayatan.

Latihan ini pada dasarnya bertujuan untuk melatih otot~otot abdomen dan sekitarnya sehingga lebih kuat dan tidak berisi lemak dalam (visceral fat). Jika latihan sederhana ini menjadi sebuah kebiasaan harian, insyaAllah seseorang akan terhindar dari masalah perut buncit (gendut berlebih).

Selamat mencoba dan berlatih. Semoga bermanfaat menjadikan tubuh lebih ideal, lebih bugar dan terhindar dari kondisi mental stres. Karena manfaat lain dari berlatih pernafasan adalah menjadikan pikiran lebih 'fresh'. Aamiin.