Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Teh Pahit Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Teh berasal dari negeri china sebagai obat penawar racun. Teh digunakan sebagai ramuan sejak abad 8 SM. Minuman yang terbuat dari daun teh sangat digemari diberbagai mancanegara. Aromanya yang harum, wangi, dan hangat membuat siapa saja tidak bosan menikmatinya. Diluar negeri untuk mencicipi minuman ini ada waktunya sendiri. Tidak seperti di Indonesia, kapan saja anda mau anda bisa menikmatinya. Teh banyak jenisnya, misal teh pahit, teh hijau, teh melati dan masih banyak lagi jenis teh yang lain.

Disadari langsung atau tidak, kegunaan teh pahit telah banyak dirasakan oleh para konsumen setianya, teh yang mampu menyegarkan pikiran hingga membuat suasana lebih tenang. Dari jaman kuno, ternyata teh sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan dan pengobatan.

► Mencegah Penyakit kanker
Teh memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh kita. Senyawa epigallo catechin gallate (EGCG) yang terkandung didalamnya membantu membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh kita. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi teh ini pahit tanpa menggunakan gula. Walaupun rasanya pahit dan getir tapi hal ini sangat baik bagi kesehatan.

► Mengurangi resiko penyakit jantung
Mengonsumsi secangkir teh pahit setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar. Karena dengan mengkonsumsi teh pahit setiap hari mampu mengurangi resiko serangan jantung. Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskuler. Seperti yang anda ketahui bahwa teh banyak kandungannya, seperti flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin . zat-zat ini baik bagi kesehatan jantung. Khasiatnya yakni meningkatkan reaktivitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mampu mengatasi pengerasan pada arteri.

► Membantu mengobati tumor
Kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh bisa bermanfaat mengecilkan tumor. Ekstrak teh pahit berkhasiat untuk mengecilkan dan mengobati tumor dalam tubuh. Anda yang mengidap tumor bisa mencoba ramuan alternatif ini.

► Menurunkan tekanan darah tinggi
Sebaiknya mengonsumsi teh ini secara teratur setiap hari. Maka khasiatnya akan bisa anda nikmati. Namun ketika anda memilih minuman ini sebagai obat menurunkan tekanan darah, anda tidak boleh mengonsumsi obat penurun tekanan darah jenis apapun. Karena akan membahayakan kesehatan anda.

► Meningkatkan metabolisme dalam tubuh
Beberapa peneliti dari Universitas Jenewa dan Universitas Birmingham telah menguji khasiat dari teh. Hasilnya mampu meningkatkan metabolisme dan energi dalam tubuh.

► Menghilangkan stress
Teh yang dikonsumsi secara teratur membantu menurunkan hormon kortisol pemicu terjadinya stress. Mengonsumsi teh selama 6 minggu dengan 4 cangkir teh setiap harinya terbukti menurunkan 20% kortisol.

► Dapat menyembuhkan radang usus
Beberapa peneliti meyakini bahwa teh bisa memulihkan peradangan yang terjadi di dalam usus. Kandungan polifenolnya membantu menghambat reaksi inflami pada usus.

► Menurunkan berat badan
Bagi anda yang ingin diet demi mendapatkan tubuh yang ideal, teh pahit bisa menjadi alternative obat diet herbal. Setiap hari anda cukup mengkonsumsi 3-4 cangkir teh.

► Mengatasi masalah bau mulut
Bagi anda yang merasa kurang percaya diri karena bau mulut, teh ini bisa membantu masalah anda. Kandungan polifenol dalam teh pahit membantu membunuh bakteri-bakteri yang menimbulkan bau mulut.

► Menjaga kesehatan pada gigi
Bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan plak pada gigi anda akan mati karena kandungan polifenol pada teh. Jika bakteri-bakteri ini semakin banyak tumbuh pada gigi maka bisa menyebabkan gigi berlubang dan gusi sering berdarah.