Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mau Cek Masa Subur? Coba Beberapa Cara Ini...


Bagi pasangan suami istri, berhubungan di masa subur adalah salah satu upaya efektif agar istri cepat hamil. Bagaimana cara mengetahui masa subur? Sebab terkadang seorang wanita tidak rutin siklus haidnya.

Berikut ini tiga cara mengetahui masa subur:

1. Sistem penanggalan atau kalender

Cara paling mudah mengetahu masa subur adalah dengan sistem penanggalan atau kalender. Namun, cara ini agak sulit bagi yang siklus haidnya kurang teratur.

Cara mengetahui masa subur dengan kalender berpatokan pada tanggal mulai haid. Masa subur seorang wanita adalah 14 hari sebelum haid, ditambah 3 dikurangi 3. Misalnya Anda mulai haid berikutnya tanggal 26, maka masa subur Anda adalah tanggal 9 hingga tanggal 13.

2. Suhu tubuh saat istirahat

Jika haid Anda tidak teratur, pengukuran suhu tubuh saat istirahat bisa menjadi alternatif cara mengetahui masa subur. Caranya, gunakan termometer khusus yang biasanya dipakai untuk mengukur suhu tubuh melalui mulut. Lakukan sebelum beraktifitas di pagi hari dan siang hari, paling tidak sesudah tidur 3 jam.

Pada saat wanita berada dalam masa subur, kenaikan suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya sekitar 0,2 hingga 0,5 derajat celcius.

3. Tanda fisiologis

Selain dua cara tersebut, masa subur juga bisa diketahui dengan melihat tanda-tanda pada tubuh Anda. Salah satu yang utama adalah keluarnya cairan kental yang bening dari jalan lahir yang kadang menyerupai benang. Lendir ini diproduksi oleh kelenjar di leher rahim (serviks) yang memungkinkan sperma bertahan hidup menunggu matangnya sel telur (ovulasi).

Demikian 3 cara mengetahui masa subur yang dirangkum dari Buku Terlengkap tentang Bayi