Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadikan Rasulullah Sebagai Idola Anak-anak Kita



Sahabat, pernahkah kita bertanya kepada anak-anak kita siapa tokoh yang mereka kagumi? Barangkali tidak semua anak mampu menjawabnya dengan pasti. Fenomenanya sekarang sebagian besar anak-anak belum mengetahui atau mengenal dengan pasti siapa tokoh yang diidolakannya.
Syukur jika mereka segera menjawab salah satu dari kedua orang tuanya, atau justru tidak tahu jawabannya. Sebagian besar anak-anak  saat ini kalau ditanya siapa artis idola mereka, mereka cepat bisa menjawabnya. Bagaimana tidak? Hampir 90% tayangan televisi, koran maupun media masa menyajikan acara-acara yang bernuansa hiburan saja, seperti perlombaan nyanyi-nyanyian, tari-tarian, drama, lelucon dan lain-lain yang manfaatnya masih sangat sedikit kita rasakan.
Fenomena apa yang sebenarnya terjadi pada anak-anak kita? khususnya anak-anak Indonesia yang mayoritas muslim. Mengapa mereka lebih akrab dan kenal dengan tokoh-tokoh kartun, cerita-cerita dongeng, atau tokoh-tokoh yang sering mereka lihat di televisi, atau di buku-buku cerita. Namun ketika ditanya soal Nabi mereka, mereka belum bisa menceritakan secara detail, padahal sangat banyak kisah menarik yang bisa dikenalkan melalui para Nabi dan Rasul yang telah dijadikan Allah sebagai manusia pilihan di muka bumi ini.
Dengan begitu banyaknya kisah dan sejarah yang menceritakan tentang para Nabi dan Rasul yang bisa kita temui di dalam buku-buku ensiklopedia, atau yang bersumber dari internet, sebenarnya peluang bagi kita untuk memperkenalkannya secara lebih dekat kepada anak-anak.  Bisa jadi, anak-anak di zaman modern sekarang ini, jarang dikenalkan dengan tokoh-tokoh Islam tersebut, akibatnya mereka tidak menaruh minat terhadap kisah dan kehidupan para Rasul maupun para nabi.
Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban kita untuk segera mulai mempelajari dan menggali kisah-kisah yang berkenaan dengan para Nabi dan Rasul tersebut, bisa dengan cara menceritakannya atau membelikan buku-buku bacaan kepada anak-anak kita. Karena begitu banyak kisah-kisah teladan dan menarik yang bisa kita tanamkan kepada anak-anak. Contohnya seperti Nabi  Muhammad SAW yang juga dikenal hebat sebagai seorang pahlawan yang abadi sepanjang zaman.
Michael Hart dalam bukunya bertajuk ‘The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History’ telah menempatkan Nabi Muhammad saw sebagai tokoh nomor 1 yang paling berpengaruh sepanjang sejarah, dan hanya menempatkan Nabi Isa as (Yesus Kristus) di urutan ketiga. Beliau menyatakan bahwa tokoh Rasulullah berada di urutan nomor satu sebagai tokoh yang paling berpengaruh di seluruh jagat raya. Berikut tulisan Michael Hart (sumber: Muhammad, blogspot.com)
“Jatuhnya pilihan saya kepada Muhammad Saw dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sementara pembaca dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Tapi saya berpegang pada keyakinan saya, dialah Muhammad Saw satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi”.