Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rahasia Tampak 20 Tahun Lebih Muda pada Usia 50 Tahun

Tak ada yang menyangka, seorang juru masak atau koki asal India bernama Anjula Devi ini ternyata sudah berusia 51 tahun. Rambutnya masih hitam berkilau dan di wajahnya nyaris tak ada kerutan.

Ibu dua anak ini mengaku tak pernah mengonsumsi obat khusus untuk membuatnya awet muda, apalagi melakukan operasi plastik.

Anjula mengatakan, selama ini, ia hanya melakukan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi sayuran dan makanan yang diolah dengan rempah-rempah. Anjula sudah belajar masak dengan ayahnya saat masih berusia 10 tahun.

Ia kemudian melanjutkan sekolah masak dan membuka bisnis katering. Anjula membuat masakan otentik India yang ia perkenalkan di Inggris.

Kini, juara memasak makanan tradisional India ini terus berbagi pengalaman anti-penuaan dan rahasia sehat pada wanita di Inggris. Anjula mengatakan, sering kali orang mengabaikan manfaat kesehatan yang luar biasa jika menggunakan bahan-bahan alami dalam masakan.

"Saya suka memasak dengan sayuran segar dan hijau. Saya berhati-hati untuk tidak menggunakan pewarna buatan dan pengawet. Saya ingin menginspirasi orang sebanyak mungkin untuk memasak makanan lezat, sehat, seperti yang ayah saya lakukan bertahun-tahun lalu," kata Anjula.


dok. DailymailAnjula Devi tampak 20 tahun lebih muda di usia 51 tahun.

Berikut tujuh bahan alami yang sering digunakan Anjula sebagai bumbu masak.

Jinten
Jinten dapat mengatasi masalah pencernaan, rasa kembung, hingga flu. Anjula pun mengaku tak pernah terkena flu. Jinten dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketumbar
Ketumbar merupakan salah satu bahan utama dalam masakan India. Ketumbar memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan sifat anti-bakteri. Menurut Anjula, ketumbar juga bagus untuk menurunkan demam.

Brown mustard seeds atau biji sawi
Rempah ini bisa meningkatkan cita rasa masakan India. Lebih penting dari itu, bahan masakan ini bisa memperlambat penuaan dan baik dikonsumsi oleh wanita yang telah menopause. Anjula mengatakan, rempah ini wajib ada di lemari dapur Anda.

Cabai kashmiri
Rasa pedas pada masakan bisa diciptakan dengan memasukkan cabai kashmiri. Cabai ini dapat menghangatkan hidangan Anda. Menurut Anjula, ini adalah cabai terbaik yang dapat digunakan ketika pertama kali mulai bereksperimen dengan masakan India. Kashmiri merupakan cabai yang tinggi vitamin C dan kaya antioksidan untuk membuat kulit lebih bersinar.

Kunyit
Kunyit menghasilkan warna kuning alami pada makanan. Rempah-rempah ini tak perlu digunakan terlalu banyak karena sedikit saja sudah sangat terasa. Kunyit dapat mengatasi radang sendi, sakit perut, mulas, dan sakit tenggorokan.

Kulit cassia atau kayu manis
Menurut Anjula, kulit kayu cassia merupakan jenis kayu manis yang bisa menghangatkan, meningkatkan aroma masakan dan manis. Kulit kayu cassia membantu untuk mengontrol kadar gula darah danKolesterol.

Kapulaga hijau
Kapulaga hijau dikenal sebagai ratunya rempah-rempah. Menambahkan kapulaga hijau dalam masakan akan memberikan aroma yang wangi. Rempah ini dinilai efektif untuk mengurangi sembelit dan membantu untuk mengontrol tekanan darah.

Sumber: kompas.com