Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUDAH TAU BELUM? 7 Tips Mengempukkan Daging tanpa Waktu Lama

Memasak daging hingga empuk biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi, dengan beberapa tips menggempukkan daging, waktu untuk memasak bisa dipersingkat.

Suka hidangan berbahan dasar daging? Namun, selalu kesulitan dalam memasaknya, karena daging susah empuk? Tenang! Coba saja beberapa tips mengempukkan daging berikut, dijamin proses memasak hidangan berbahan dasar daging jadi lebih menyenangkan.



* Perhatikan Cara Memotongnya

Kunci utama membuat daging cepat empuk saat dimasak terletak pada cara kita memotongnya. Potong-potonglah dagingberlawanan arah dengan seratnya. Fungsinya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat dimasak, sehingga daging bisa jadi lebih empuk.

* Pukul-pukul

Cara mengempukkan daging dengan memukul-mukul daginglazim dilakukan. Dengan bantuan alat pemukul daging, pukul-pukul kedua sisi daging sampai teksturnya jadi lebih empuk. Jangan lupa memakai talenan sebagai alas, agar daging tidak bergeser saat dipukul. Dan, jangan juga terlalu kencang memukulnya, agar sari daging tidak keluar.

* Bungkus dengan Daun Pepaya

Daging juga bisa diempukkan dengan cara membungkusnya pakai daun pepaya, selama kira-kira 30 menit, sebelum mulai dimasak. Kandungan zat papain dalam daun pepaya sejak dulu selalu berhasil mengempukkan daging.

* Balur dengan Parutan Nanas

Selain daun pepaya, buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit.

* Olesi dengan Remasan Buah Kiwi

Ya, kiwi memang merupakan salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg dagingbiasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.

* Tutup dengan Kulit Pisang

Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalamdaging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga membuat dagingyang diolah tidak kering dan tidak berubah cita rasanya.

Caranya? Ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupkan padadaging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.

* Menambahkan Segenggam Beras

Bila bahan-bahan untuk mengempukkan daging yang telah disebutkan di atas tidak ada, kita bisa memanfaatkan beras. Memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging, berarti daging atau buntut sudah empuk. Gampang bukan?