Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Konsumsi Buah Sukun? Ternyata Ini Manfaatnya


KANDUNGAN yang terdapat pada buah sukun mencapai berkali-kali lipat dari serat yang terkandung pada beras. Dengan kandungan serat tersebut buah sukun dapat membantu proses pencernaan. Manfaat buah sukun juga bisa digunakan untuk orang yang mengalami sakit diabetes karena dapat menurunkan kadar gula. Batang dan kulitnya juga memilki manfaat untuk obat mencairkan darah untuk wanita yang baru selesai melahirkan sekitar 8 sampai 10 hari. Bunga sukun yang dibakar kemudian menjadi arang juga dapat digunakan sebagai pbat sakit gigi.

Buah sukun mengandung karbohidrat yang tinggi dan asam amino esensial (isoleusin, methionin, lysine, histidine, tryptophan, valin) dimana kandungan mineral tersebut bisa digunakan untuk membantu sistem pencernaan, memperkuat gigi dan tulang, penyakit ginjal, yang mengalami sakit liver dan diabetes.

Kandungan lain yang terdapat pada buah sukun yaitu niasin, vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium dan besi. Pada kulit kayunya ditemukan senyawa turunan flavanoid yang terprenilasi yaitu artonol B dan sikloartobilosanton. Dengan kandungan yang banyak tersebut tentunya dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Selain buah dan batangnya ternyata daun sukun juga memilki manfaat yang banyak untuk kesehatan, seperti beberapa manfaat daun sukun di bawah ini.

Mengobati penyakit jantung

Daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Gunakan 1 lembar daun sukun tua yang masih berada di pohon. Daun sukun yang sudah tua memilki kadar kimia yang maksimal.

Membuat ginjal sehat

Dengan meminum rebusan air daun sukun secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit.

Menurunkan kolesterol

Selain untuk menjaga kesehatan gunjal dan jantung. Daun sukun juga dapat menurunkan kolesterol.

Mencegah kanker

Daun sukun dapat mencegah inflamasi atau mencegah peradangan.

Menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes

Sukun yang telah berwarna kuning dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan gula darah. Karena daun sukun mengandung phenol, quercetin dan champorol dan juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal.

Itu dia manfaat buah sukun bagi kesehatan. Anda mau mencobanya? [ds/islampos]

Sumber: www.7manfaat.com