Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Telinga Kemasukan Air? Bagaimana SOLUSINYA?


SAAT mandi, tak jarang air masuk ke dalam telinga. Biasanya kita merasa tidak enak apalagi jika air yang masuk cukup banyak. Sebenarnya bukan hanya saat mandi. Saat berenang pun tak jarang air tersebut masuk telinga kita.


Ternyata, jika air terus berada di dalam telinga pada waktu yang lumayan lama bisa menyebabkan infeksi dan merusak gendang telinga. Adakah tipsnya agar air di dalam telinga terbuang dan telinga kembali bersih seperti semula? Berikut tips yang bisa Anda coba:
  • 1. Sebelum mencari cara mengeluarkan air dari dalam telinga, pastikan lebih dulu apakah air itu memang berada di dalam telinga Anda.
  • 2. Tempelkan pelipis anda pada lengan, jika Anda merasa telinga tidak nyaman berarti ada air di dalam telinga Anda.
  • 3. Bisa juga dicek dengan cara berdiri satu kaki dan kepala dimiringkan dengan telinga yang diduga kemasukan air menghadap ke bawah.
  • 4. Coba melompat-lompat sampai air keluar dari telinga.
Agar telinga terhindar dari kemasukan air, Anda bisa menggunakan tutup kepala yang terbuat dari plastik ketika mandi dan tidak berencana untuk mencuci rambut. Ketika berenang, Anda bisa melindungi telinga dengan menggunakan ear plug agar terhindar dari kemasukan air. Infeksi telinga akibat kemasukan air cukup mengganggu dan menyakitkan. Indra pendengaran menjadi berkurang kualitasnya dan kita tidak bisa beraktifitas dengan normal.

Akibat lainnya bila telinga kemasukan air akan berpotensi terjadinya penyakit telinga. Untuk mencegah munculnya penyakit telinga akibat kurang cepatnya mengatasi telinga yang kemasukan air adalah dengan melindungi telinga Anda seaman mungkin dengan cara yang sederhana. Bila Anda berniat untuk berenang, jangan terburu-buru masuk ke dalam air, lakukan pemanasan sebelum tubuh Anda siap mencebur ke air.

Bila telinga Anda sudah terlanjur kemasukan air, maka cobalah untuk tidur dengan posisi yang berbeda. Tidurlah dengan posisi telinga yang terinfeksi menghadap ke bantal. Air akan keluar dari telinga akibat pengaruh gravitasi. Anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan air di dalam telinga. Setting hair dryer di tingkat rendah dan jangan terlalu dekat ke telinga. Bila sudah terasa hangat di telinga itu sudah cukup. Meskipun cukup merepotkan tetapi kita tidak akan suka bila telinga kemasukan air, karena akan sangat mengganggu.