Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Waspada, Mengupil Bisa Berakibat pada Kematian


Sebagian orang menyangka bahwa mengupil adalah salah satu kebiasaan ringan yang sepele. Mengupil adalah kegiatan di mana seseorang membersihkan rongga hidungnya dari benda asing.

Upil biasanya berasal dari lendir yang dihasilkan membran mukosa pada hidung manusia. Upil juga biasa disebut sekreta yang mongering dan menempel pada rongga hidung.

Namun anda harus berhati-hati dari sekarang jika memiliki kebiasaan sering mengupil. Perhatikan tangan anda harus selalu bersih. Tangan yang kotor bisa menyebabkan virus atau bakteri masuk ke hidung dan menyebabkan flu.

Tangan yang kotor dan berkuku tajam juga akan melukai rongga hidung sehingga bisa terjadi mimisan. Kemudian rambut silia yang menempel pada rongga hidung juga akan tercabut, padahal rambut ini beperan penting menyaring udara di luar.

Yang paling parahnya, mengupil bisa menyebabkan infeksi dan meningitis. Saat anda mengorek, anda akan menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Jika anda tidak berhati-hati, anda bisa menusuk tulang bernama ethmoid, yang memisahkan hidung dan otak. Jika tulang ini tertusuk, akibatnya cairan di otak akan bocor dan menyebabkan radang selaput pelindung sistem syaraf pusat.

Meningitis yang memburuk akhirnya bisa menyebabkan kematian. Maka bagi anda yang memiliki kebiasaan mengupil, berhati-hatilah dari sekarang. Jaga kebersihan tangan dan kuku serta bersihkan rongga hidung dengan hati-hati.