Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fakta Ilmiah tentang Sujud



Assalamualaikum, Anda Muslim ? tau sujud? ya benar sujud adalah salah satu rukun sholat . Perlu kita ketahui ternyata sujud memiliki manfaat mulai dari spritual yang dapat mendekatkan kita kepada Allah S.W.T sang maha pencipta dan juga bermanfaat bagi medis atau kesehatan. kita mulai dari pengertian sujud sendiri itu apa?

Kata “sujud” adalah kosakata arab yg telah masuk kedalam bahasa indonesia yang baku. Sujud berasal dari akar س ج د , didalam al-quram terulang 92 kali dengan bentuk-bentuk derivatifnya. Antara lain : سجد = sajada 35 kali سجود = sujud 6 kali مسجد = Masjid 28 kali ساجد = Sajid 23 kali The Quranic Arabic.

Sujud dalam pengertiannya secara fisik yaitu meletakkan dahi ke lantai, tidaklah tepat dalam makna yang sesungguhnya. Karena perintah sujud bukan hanya diperintahkan kepada manusia saja tetapi sujud adalah perintah yang dikenakan kepada seluruh mahluk Allah, sehingga ia haruslah mempunyai makna yang dapat dipahami atau diarahkan kepada setiap apapun ciptaan Allah

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُم بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

hanya kepada Allah-lah sujud segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari (QS 13:15)

Fakta Fakta Ilmiah Seputar Sujud

1. Mengalirnya Darah ke Otak

Aliran getah bening dipompa kebagian leher dan ketiak. Posisi jantung diatas otak menyebabkan darah yang kaya akan oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Karena itu lakukan sujud dgn tuma’ninah agar darah mencukupi kapasitasnya ke otak. (Dr. Fidelma, neurolog dari Amerika)

2. Memacu Kerja Sel

Apabila otak mendapatkan pasokan darah dan kaya oksigen, maka dapat memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan terus menerus dapat memacu kecerdasan. (Prof. Sholeh, risetnya telah mendpt pengakuan dari Harvard Univesity, AS)

3. Melatih Kekuatan Otot Tertentu

termasuk otot dada, dimana terjadi kontraksi pada otot tersebut. Kebiasaan sujud mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali/fiksasi.

Radiasi Yang Ditimbulkan oleh Energi Listrik dapat memberikan efek samping dan membahayakan organ² tubuh, terutama otak. Dimana kalau dibiarkan akan menimbulkan penyakit kejang otot, radang tenggorokan, mudah lelah, stress,migrain, hingga pikun di usia dini.

Nah ketika sujud, kelebihan ion² positif yang ada di dalam tubuh kita akan mengalir ke bumi, karena bumi adalah tempat ion2 negatif. Maka terjadilah proses netralisasi radiasi listrik dan magnet tersebut.

Sujud yang sempurna adalah dengan menempelkan 7 anggota badan (dahi,hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua kaki) ke bumi.

(Dr. Muhammad Dhiyaa’uddin Hamid, dosen jurusan Biologi dan ketua department radiasi makanan pd Lembaga Penelitian Tekhnologi Radiasi) 

Subhanallah.. Semoga Bermanfaat.