Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FAKTA TERNYATA Adzan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang di Dunia



Adzan adalah kalimat tauhid yang dilantunkan oleh muazin sebagai seruan untuk mengajak umat muslim segera mendirikan sholat, dan hal yang mengejutkan adalah para ahli telah membuktikan bahwa ternyata Adzan tidak pernah berhenti berkumandang di seluruh belahan bumi ini. Suara Adzan sering di dengar di beberapa negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Tetapi faktanya selama 24 jam suara Adzan tidak pernah berhenti berkumandang. Subhanallah.

Bagi umat Islam sudah tidak asing lagi mendengar Adzan. Disetiap waktu sholat suara Adzan akan berkumandang. Berikut beberapa fakta unik mengenai Adzan yang sudah tak asing di telinga kita:

1. Suara Adzan mengandung kekuatan yang sangat besar sehingga mampu mengajak seluruh umat muslim untuk segera berbondong-bondong menuju masjid guna melaksanakan ibadah sholat wajib. Selain itu Adzan juga mampu menggetarkan hati setiap orang yang memiliki keimanan yang kuat.

2. Banyak orang non-muslim menjadi muallaf setelah mendengarkan suara Adzan karena didalamnya mengandung hidayah bagi mereka yang mendapatkannya.

3. Perintah untuk mengumandangkan adzan melalui mimpi. Dahulu para sahabat Nabi mengusulkan untuk mengibarkan bendera, membunyikan terompet, dan menyalakan api di atas bukit sebagai ajakan atau tanda bahwa waktu sholat telah tiba, tetapi semua usul itu tidak sesuai. Hingga datanglah Abdullah bin Zaid yaitu sahabat Nabi yang menceritakan bahwa dirinya telah mendapatkan untuk mengumandangkan Adzan sebagai tanda waktu sholat telah tiba.

4. Suara Adzan telah dikumandangkan pada waktu-waktu yang bersejarah seperti saat Rosulullah berhasil menguasai Mekkah, saat Konstantinopel berhasil direbut oleh pasukan Ottoman, dan saat kelahiran seorang bayi.

5. Sejak 14 abad yang lalu suara adzan telah milyaran kali dikumandangkan.


6. Suara Adzan tidak akan berhenti berkumandang hingga hari kiamat datang. Bumi memiliki bentuk bulat sehingga mengakibatkan perbedaan waktu antara beberapa wilayah, dengan adanya perbedaan waktu inilah yang mengakibatkan ternyata Adzan itu tak pernah berhenti selama 24 jam penuh. Ketika Adzan shubuh berkumandang di Sulawesi bagian timur maka sebelum berhenti Adzan akan berkumandang di Jakarta lalu Sumatera, sebelum suara di Indonesia berhenti maka Adzan akan berkumandang di Malaysia kemudian di Burma, selanjutnya akan berkumandang di Bangladesh lalu akan segera terdengar lagi di India begitu seterusnya sampai terdengar Adzan shubuh di Atlantik, sebelum Adzan shubuh berakhir maka kembali lagi di bagian timur Indonesia akan mengumandangkan Adzan dhuhur sehingga Adzan tidak akan pernah berhenti berkumandang di muka bumi ini.

Itulah beberapa fakta unik seputar berkumandangnya suara Adzan. Untuk mengumandangkan suara ini harus berdasarkan tata cara yang telah ditentukan yaitu:

1. Hukum mengumandangkan Adzan adalah Sunnah Muakhad bagi seorang laki-laki.

2. Adzan mempunyai 5 syarat sah yang harus dipenuhi, yaitu:
- Adzan boleh dikumandangkan jika sudah memasuki waktu sholat.
- Orang yang mengumandangkan Adzan harus berniat dengan ikhlas untuk melakukannya.
- Adzan hanya boleh dikumandangkan dengan menggunakan bahasa arab yang telah ditentukan.
- Pengucapan lafadh Adzan harus benar dan jelas tidak boleh ada kesalahan sehingga dapat merubah makna sebenarnya.
- Suara Adzan harus dikumandangkan dengan suara keras sehingga umat muslim yang bertempat agak jauh dapat mendengarkan suara ini.

3. Adzan harus dikumandangkan oleh seorang muadzin yang telah memiliki sifat-sifat berikut,yaitu muslim, ikhlas, amanah, memiliki suara bagus, mengetahui waktu sholat.

Itulah beberapa ulasan seputar Adzan dan ternyata Adzan tidak pernah berhenti berkumandang di seluruh permukaan bumi.