Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Beli Jajanan Es, Es Balok Ini Ternyata Bisa Sebabkan Pendarahan Bahkan Kematian

Dalam kondisi udara yang panas, meminum es biasanya jadi pilihan utama. Minum Air es dipercaya dapat mendinginkan tubuh. Apakah anda pernah membeli jajanan es di pinggir jalan, di rumah makan, kedai penjual jus buah atau di warung-warung penjual minuman dingin/ soft drink? Para penjual minuman di luar sana, mungkin hanya sedikit sekali yang menggunakan es batu yang dibuat dari air matang. Masih banyak penjual minuman es, memakai es balok. Dari berita yang saya lihat di salah satu TV Swasta, ternyata Ada beberapa produsen es balok “nakal” yang menggunakan air sungai sebagai bahan pembuatan esnya. Serem banget ya.. saya tidak membayangkan apa jadinya air sungai yang disulap jadi es balok itu dikonsumsi oleh kita.kita semua tahu bahwa Air yang tidak higienis jika dikonsumsi dapat menimbulkan berbagai penyakit karena mengandung bakteri berbahaya. 

Hal ini dibenarkan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), dr Agustin Kusumayati, MsC, PhD. Ia mengatakan, es batu yang tercemar bakteri sangat berisiko tinggi terhadap penyebaran penyakit, dari mulai diare, infeksi, hingga penyakit kronis.



Beliau juga menambahkan, bahwa sumber air yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan es batu menjadi syarat yang menentukan kelayakan konsumsi. Terlebih, jika es batu dibuat dari aliran air sungai akan menimbulkan bakteri E.coli dan salmonella yang menyebabkan keracunan.

"Bakteri E.Coli juga bisa menyebabkan pendarahan, yaitu jenis entero hemoragik akibatnya bisa sangat fatal. Misalnya saat kencing berdarah, bahkan bisa meninggal. Bakteri-bakteri ini meski menempel pada es batu bersuhu rendah, tidak mati, dan hanya tertidur sementara," imbuhnya.

Setelah es batu mencair pada suhu normal, bakteri kembali bermutasi dan bisa menginfeksi manusia. Pada kasus yang parah, bakteri E.Coli bisa menyebabkan pendarahan bahkan hingga menyebabkan kematian.
Nah sahabat.. sebaiknya jika anda ingin meminum juice buah anda membuatnya sendiri dirumah. Kalaupun anda membeli juice ata es buah di luar, sebaiknya tanya dulu apakah es yang digunakan aman atau tidak. Semoga bermanfaat.. silahkan di share..!