Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Rezeki Lancar? Dengarkan Nasehat dari Umar bin Khathab ini!

Rezeki setiap orang berbeda-beda. Allah SWT sudah menjatahkan setiap umat-Nya untuk menerima rezeki, tapi kita sebagai umat manusia tidak tahu kapan datangnya rezeki tersebut. Tak perlu juga risau karena Allah SWT sudah menjatahkan rezeki bagi kita semua, walaupun jumlahnya tidak sama antara satu orang dengan orang lainnya.
Ilustrasi kerja keras / cliparthut.com
Mengenai rezeki ini, terdapat dua golongan orang. Pertama adalah mereka yang giat bekerja dan yang kedua adalah golongan orang yang giat berdo'a. 

Memang terdengar baik semua antara kedua golongan tersebut, tapi justru karena itu Allah SWT tidak suka.

Golongan orang yang giat bekerja akan terus-terusan bekerja. Mereka beranggapan bahwa semakin giat bekerja maka rezeki akan datang lebih banyak. Mereka bahkan lupa waktu untuk mengerjakan tugas lainnya, seperti sholat dan berdo'a.

Untuk golongan kedua, yaitu mereka yang hanya berdo'a. Mereka yakin dengan berdo'a Allah SWT pasti memberikan rezeki. Memang benar, tapi hanya berdo'a tanpa usaha pun Allah SWT juga tidak menyukainya.

Terhadap golongan kedua ini, Umar bin Khaththab menasehatinya, "Janganlah diantara kalian tidak berusaha lalu berdo'a 'Ya Allah, karuniakanlah aku rezeki'. Sementara kalian tahu bahwa langit tidak akan menurunkan hujan emas ataupun perak."

Jadi, Allah SWT tidak menyukai sikap salah satu dari golongan tersebut, melainkan menyukai kedua sikapnya, begitu juga Umar bin Khaththab yang bahkan menentang hamba yang hanya termasuk dalam satu golongan.

Sebagai manusia, hendaknya kita giat bekerja, tak lupa sholat disertai berdo'a kepada Allah SWT dan bertawakkalah kepada Allah SWT. Dengan begitu, insya Allah, rezeki akan cepat kita dapatkan.