Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Cara Menghilangkan Sisa Bahan Kimia dan Obat pada Buah dan Sayuran


Sebagian besar sayuran serta buah-buahan dalam proses pertumbuhannya banyak yang dicampur dengan bahan kimia serta pupuk untuk melindungi mereka dari serangga serta kerusakan tanaman.

Tetapi dampaknya, bahan kimia serta pupuk yang berlebihan sama sekali tak baik untuk dikonsumsi serta bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Mengetahui hal ini, biasanya buah-buahan serta sayuran yang kita beli mesti dicuci. Tetapi terdapat banyak tehnik serta panduan untuk membersihkan makanan ini untuk memastikan bebas berbahan kimia apa pun dan oleh karenanya baik untuk dikonsumsi.

Saat sebelum Anda membersihkan sayuran atau buah-buahan, pastikan dulu bahwa ruang kerja serta talenan bersih. Jika tidak, pertama cucilah dengan air serta sabuni dulu areanya. Ini bakal memastikan bahwa sayuran serta buah-buahan tak mendapatkan kontaminasi saat memotong atau mengupasnya.

Dalam membersihkan sayuran berdaun hijau, terlebih dahulu mesti dipisahkan serta disimpan dalam semangkuk air serta diamkan selama beberapa menit. Lalu mencuci daunnya dengan air serta ulangilah prosedur itu 2 atau 3 kali.

Sayuran berdaun hijau mesti dicuci lebih cermat karena ada kemungkinan semakin banyak kotoran terakumulasi di dalamnya. Anda dapat juga memakai sedikit cuka di air untuk menolong membersihkan sayuran.

Sayuran seperti brokoli serta kembang kol mesti disimpan di air dingin selama 1 menit saat sebelum mencucinya dengan air.

Tomat mempunyai kulit tebal dan karenanya mesti dibersihkan dengan sikat yang didesain khusus untuk makanan mentah sebelum mencucinya.

Buah mesti dicuci, bahkan saat Anda tak sedang memakannya. Kulit buah di permukaan mungkin saja mempunyai sebagian bakteri yang dapat serta berguna untuk dikonsumsi. Anda bisa pakai cuka, bahkan juga jus lemon serta garam dapat dipakai untuk menangkal bakteri yang negatif dan membersihkannya.

Caranya, dalam mangkok penuh air tambahkan sedikit garam serta lemon jus. Masukkan buah atau sayuran dalam mangkok ini selama 15 menit. Basuh serta keringkan, baru kemudian siap untuk dikonsumsi.

Anda dapat juga mempersiapkan semprotan buatan sendiri yang akan menghilangkan bahan kimia pada sayuran serta makanan. Belilah sebotol aerosol serta mencucinya. Lantas tambahkan 1 sendok makan perasan lemon fresh, 2 sendok makan cuka serta 250 ml air. Tutup botol serta kocok supaya bahan tadi tercampur dengan baik.

Semprotkan kombinasi ini pada buah-buahan serta sayuran yang mau Anda gunakan. Biarkan selama 10 menit dan selanjutnya bilas. Lap kering dengan handuk bersih saat sebelum Anda mengupas atau memotong.

Setelah mencuci, rasa serta bau cuka tidak akan terasa. Kubis, terung, kembang kol serta nanas adalah salah satu makanan paling utama yang memerlukan metode ini.

Pilihan lain yaitu untuk membeli buah-buahan organik serta sayuran yang tidak melibatkan pemakaian pestisida. Tetapi itu mahal, serta mungkin tak terjangkau untuk kebanyakan orang.