Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Ada Pertanyaan, Kenapa Orang Islam Shalat-nya Ribet Banget? Ini Jawabannya!


Dalam sebuah sesi tanya jawab dalam ruang diskusi yang dilakukan Rumah Dakwah Indonesia, seseorang bertanya perihal salat.

"Jikalau mendapat pertanyaan, kenapa orang Islam menyembah Tuhannya harus dengan mencium tanah, Kain (sajadah), berbungkuk-bungkuk, dan berdiri, mengapa tidak dengan duduk tenang saja. Apa jawaban yg tepat diberikan untuk si penanya.," demikian pertanyaannya.

Ustadz Ahsanur Ahmad, Lc, Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia menyampaikan, jawaban buat pertanyaan dengan sebuah perumpamaan.

"Katakan padanya jika kamu punya bos mau ngasi duit satu miliar dengan syarat kamu harus lari dengan satu kaki selama satu kilo. Kamu mau gak ngelakuin?" ucapnya.

Dikatakan, kalau jawabannya iya, tanya lagi kenapa mau lari satu kaki? Kan bisa lari dua kaki biar tidak susah?

Siapapun tahu jawabannya, sebab kalau lari dua kaki berarti tidak taat dan tidak memenuhi syarat untuk dapat satu miliar.

Demikian pula, Allah nyuruh kita sahalat dengan cara seperti itu bisa diibaratkan sebagai pelaksanaan dari syarat yang Allah buat agar kita mendapatkan surga.

Surga yang sangat tak terhitung dan berlipat lipat dari hanya sekedar satu miliar yang tidak ada nilainya.

"Semua gerakan shalat yang kita lakukan adalah bukti bahwa kita taat pada Allah."

Kemudian, Ustadz Ahsanur Ahmad, Lc menegaskan pula sebenarnya banyak rahasia dalam gerakan shalat yang andai diketahui semua akan membuat manusia tercengang.

"Intinya Allah tidak asal nyuruh kita. Semua ada nilai dan kebaikan buat kita. Allah tidak bertambah kekuasaannya karena kita taat dan tidak berkurang karena kita maksiat."

29 Rahasia dan Manfaat Gerakan Salat Bagi Tubuh Anda

Rahasia dahsyat dibalik gerakan-gerakan apik dari salat. Manfaatnya banyak untuk kesehatan, kecerdasan, dan ketenangan batin yang luar biasa. Ada 29 manfaat besar baik itu untuk kecantikan, mencegah prostat, darah tinggi,dan manfaat lainnya.

A. Mempercantik postur tubuh
Kelebihan shalat adalah menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan. Terutama pada gerakan sujud, sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada.

Ketika sujud, beban tubuh bagian atas menumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Menrut beberapa ahli kesehatan gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). Maka sholat tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT tetapi juga untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi kelenjar air.

B. Meningkatkan kecerdasan
Menurut beberapa penelitian bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal. karena pada posisi itu jantung tepat berada diatas kepala. Gerakan ini tergolong unik karena pada saat itu kepala manusia benar benar berada dibawah bahkan dibawah pantatnya sendiri.

Gerakan ini berarti saat menghadap kepada tuhannya manusia memang berada ditempat yang sangat rendah. sujud tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Seperti Risetnya yang mendapat pengakuan dari Harvard University , AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

Silakan simak 29 manfaat gerakan shalat berikut ini:

GERAKAN PERTAMA TAKBIR
Seperti dilansir dari inti-kesehatan.blogspot.com, gerakan pertama takbiratul ihram. Bermanfaat untuk kesehatan, karena mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dengan telapak tangan direnggangkan, lalu bersidekap dengan depan perut atau bagian bawah dada manfaatnya:
  • Akan melancarkan aliran darah
  • Getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan.
  • Posisi jantung yang berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh.
  • Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar.
  • Kemudian kedua tangan didekapkan di bagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama bagian tubuh atas.

GERAKAN KEDUA RUKUK PADA SALAT
Gerakan rukuk ialah saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus, dengan posisi sejajar dan seimbang dimana posisi kepala lurus dengan kondisi tulang belakang. Sementara kedua tangan menyangga tubuh bertumpu pada lutut.
  • Menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat.
  • Posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah akan maksimal ke bagian tengah tubuh.
  • Saat posisi Tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah.
  • Ini merupakan gerakan latihan mencegah gangguan prostat.

GERAKAN I'TIDAL
Gerakan ini termasuk istimewa setelah kita melakukan rukuk dan cukup hening, maka kita kembali bergerak mengangkat kedua tangan seperti takbir pertama, setinggi daun telinga disebut I’tidal.
  • Gerakan I’tidal sangat baik untuk pencernaan karena gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pmijatan dan pelonggaran.

GERAKAN SUJUD
Gerakan ini sebenarnya mirip menungging dengan kepala menunduk hingga sejajara dengan posisi tubuh bagian bawah, dengan punggung pada posisi gerakan simetris dengan bagian pantat. Gerakan ini bermanfaat karena posisi kaki dan lutut serta ditekuknya ujung jari kaki.
  • Dengan gerakan ini posisi jantung berada atas otak saat sujud, menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak
  • Efek positif pada daya pikir seseorang lebih baik. 13. Dengan melakukan sujud secara tuma’ninah atau tidka tergesah gesah agar aliran darah berjalan dengan baik
  • Gerakan ini juga bisa menghindarkan gangguan wasir dan memperbaiki aliran getah bening.
  • Gerakan menungging pada Sujud dengan meletakkan kedua tangan di samping kepala, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai atau sajadahjuga meningkatkan kesuburan dan kesehatan kewanitaan.

GERAKAN DUDUK ANTAR DUA SUJUD
Dalam sholat gerakan ini ada dua macam, duduk di antara dua sujud, tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada posisi telapak kaki.
  • Saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat bisa menghilangkan nyeri di pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan.
  • Sedangkan Duduk tahiyyat akhir baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferens.
  • Jika dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi.
  • Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali.
  • Secara umum gerakan ini sangat baik dan ada harmoniasai yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia.

GERAKAN SALAM
Gerakan terakhir dibahas secara khusus seperti di atas.
  • Manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala.
  • Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
Semoga bermanfaat...
Sumber : palembang.tribunnews.com