Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengapa Perempuan Dilarang Berduaan dengan yang Bukan Makhram?

pacaran
ALLAH melarang kita berkhlawat (berduaan dengan yang bukan makhram). Sebagaimana ia melarang mendekati zina. Di sisi lain, setan sangat giat menebarkan fitnah dan menjerumuskan manusia kepada yang haram. Karena itu Allah mengingatkan kita dengan firmanNya:
“Hai orang-orang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa mengikuti langkah-langkah setan maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan keji dan mungkar.” (QS. An Nur: 21)
Setan masuk kepada anak adam bagaikan aliran darah. Diantara cara-cara setan di didalam menjerumuskan manusia ke dalam perbuatan keji adalah khalwat dengan bukan mahram. Karenanya, syariat islam menutup pintu tersebut, sebagaimana disabdakan Rasulullah shallahu alahi wassalam:
لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَةٍ إِلاَ كَانَ ثَالِثُهُمَا الشَيْطَانَ
“tidaklah seorang laki-laki berkhalwat dengan wanita kecuali ketiganya adalah setan.” (HR.At turmidzi, 3/474;lihat Misyakatul-Mashabih, 3188)
Dan dari ibnu Umar Radhiallahu anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alahi wassalam bersabda:
لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بَعْدَ يَوْمِيْ هَذَا عَلَى مُغِيْبَةٍ إِلاَ وَ مَعَهُ رَجُلٌ أَوِ اثنَانِ
“sungguh hendaknya tidak masuk seorang laki-laki dari kamu setelah hari ini kepada wanita yang tidak ada bersamanya seorang atau dua orang laki-laki.” (HR.Muslim 4/1711)
Berdasarkan petunjuk hadits diatas, maka tidak dibolehkan seorang lelaki berkhalwat dengan wanita bukan mahram, baik di rumah, di kamar, di kantor atu di mobil.
Banyak orang meremehkan persoalan ini. Entah karena terlalu percaya kepada diri sendiri atau kepada orang lain. Padahal khalwat sangat potensial untuk mengundang perbuatan mungkar dan maksiat. Paling tidak. Membangun prologuntuk mengarah ke sana. Karenanya tidak mengherankan, jika semakin banyak ketidakjelasan nasab dan keturunan. Disamping, jumlah anak-anak haram juga meningkat tajam.
Terutama bagi perempuan, khalwat bisa membawa petaka yang lebih berbahaya. Khalwat bisa membawan kepada perzinahan baik itu besar ataupun kecil, yang kelak akan menentukan kesucian dirinya.
Dalam hal ini, perempuan tentulah wajib menjaga dirinya dari sentuah nafsu