Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tergiur Harga Murah, Beli Hardisk Online isinya Ternyata Flasdisk

Banyak manfaat bisa kita dapat dengan berbelanja online, contohnya kita tidak perlu capek-capek jalan dari satu toko ke toko lain, kita bisa dapat penawaran terbaik karena bisa membandingkan harganya di antara penjual.

Namun tentunya kita perlu waspada terhadap barang-barang palsu yang juga beredar secara online, karena banyak juga penjual yang berniat jahat mengeruk keuntungan secara tidak etis, mereka hadir di banyak forum dan marketplace jual beli online.
Contohnya hal yang dialami oleh seorang pemuda asal Pekanbaru ini, pengalamannya sedang jadi perbincangan para netizen.   
Pria yang memiliki akun Facebook Ujang Cii Cubby ini menceritakan pengalamannya yang baru saja membeli sebuah hardisk eksternal palsu. Hardisk tersebut memang bisa dipakai untuk menyimpan data. Namun di dalamnya ternyata berisi flashdisk yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa!
Pria ini kemudian membagikan pengalaman pahitnya ini melalui sebuah video reunboxing, supaya para netter bisa lebih waspada bahwa barang seperti ini banyak beredar.
Menurut penuturan ujang, dirinya tertarik membeli hardsik ini karena harganya yang lumayan murah dibandingkan harga pasaran. Untuk sebuah hardisk merk Western Digital berkapasitas 2 TeraByte (TB), penjual menawarkannya dengan harga Rp 1 juta saja.
Ujang pun tertarik, kemudian membelinya. yang membuat Ujang yakin lantaran si Penjual bersedia untuk melakukan metode pembayaran cash on delivery atau pembayaran di tempat.
“Saya hanya mengajukan perjanjian tes hidup saja. Kalau hardisk itu nyala, langsung saya beli,” kata Ujang. Ternyata benar, hardisk itu menyala. Ujang pun membayarnya. Nah, sesampainya di rumah, masalah pun muncul. Ujang mulai curiga, karena proses pemindahan data lewat hardisk itu tak lancar, juga makan waktu lama.
Kecurigaan makin membuncah, karena setelah dilihat, kapasitas hardisk itu cuma 500 gigabyte (GB), artinya jauh lebih kecil dari kapasitas yang dijanjikan.
Ujang yang mengaku berlatar belakang IT ini jadi curiga, sehingga ia memutuskan untuk membongkar hardisk itu. Ternyata setelah dibuka dirinya pun tercengang, lantaran isi hardisk palsu tersebut adalah semacam flashdisk yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, bahkan diberi dua buah besi pemberat supaya memiliki berat mirip hardisk.