Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TIDAK PERLU Gunakan Cotton Bud untuk Bersihkan telingamu, GUNAKAN INI!


Telinga adalah sebuah organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara & juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Melalui telinga kita bisa lancar berkomunikasi dan mengetahui apa yang terjadi disekitar kita. Karena begitu pentingnya fungsi telinga, kita perlu menjaganya agar tetap bersih.

Anda mungkin sudah terbiasa membersihkan telinga menggunakan cotton buds (penyeka kapas). Meski kedengarannya baik dan berguna untuk memastikan agar telinga Anda tetap bersih, faktanya ternyata berbicara sebaliknya.


Kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton buds justru akan membahayakan kesehatan telinga Anda. Di dalam liang telinga terdapat suatu lapisan kulit yang mengandung kelenjar, dimana lapisan ini mengelupas setiap harinya. Perpaduan antara sekresi kelenjar dan pengelupasan lapisan kulit ini dinamakan serumen. Serumen ini berfungsi untuk melumasi liang telinga, melindungi dan membersihkan telinga secara alami.

Nah, seringkali kita mengorek telinga dengan tujuan agar telinga kita bersih. Namun, saat mengorek telinga dengan menggunakan cotton bud, ada bahaya lain yang mengintai. Membersihkan telinga dengan cotton bud terlalu sering dapat membuat telinga mengalami iritasi. Bahaya lainnya adalah tertusukknya gendang telinga yang dapat membahayakan pendengaran kita. Belum lagi jika kualitas cotton bud yang kita pakai rendah, maka ada resiko kapas dari cotton bud tersebut akan tertinggal di dalam liang telinga.

Sebenarnya, tanpa bantuan cotton bud, telinga kita dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara alami. Seperti yang dilansir oleh lifestyle.bisnis.com, Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) Kartika Dwiyani mengatakan terdapat mekanisme self cleansing dari serumen secara normal, yang mana serumen bergerak ke luar dari liang telinga dibantu dengan gerakan rahang saat mengunyah atau berbicara. Bahkan, menurut Dokter spesialis THT Hably Warganegara juga menyebutkan teknik self cleansing dari telinga terjadi di pagi hari setiap kita bangun tidur. Hal ini ditandai dengan telinga yang lembab saat bangun tidur. Ini tandanya telinga sedang melakukan proses pembersihan alami.

Selain itu, memakai bawang juga bisa menjadi solusi mujarab untuk menyembuhkan telinga yang sakit. Bawang ternyata memiliki manfaat mengagumkan untuk penyembuhan telinga. Karena diketahui zat asam fosfor di dalamnya bisa membunuh apapun yang akan menyebabkan masalah kesehatan. Khasiat ini malah sudah diketahui oleh bangsa China sejak zaman dulu kala.


Caranya juga sangat mudah. Taruh saja bawang yang sudah dipotong ke dalam telinga Anda selama semalam. Ia akan melembutkan dan menghilangkan sejumlah kotoran sehingga telinga akan terjaga kebersihannya. Bawang putih juga bisa mencegah infeksi dan menyehatkan kuping.

Namun, dikutip dari Healthy Wild and Free, tidak sembarang bawang putih bisa digunakan untuk kesehatan telinga. Bawang putih yang ideal harus mencukupi tiga syarat berikut:

1. Hanya bawang organik

Bawang putih non-organik mengandung banyak zat pestisida yang tidak akan aman diletakkan di dalam telinga.

2. Gunakan bagian tengahnya saja

Ketika Anda memotong bawang putih, ambil bagian tengahnya, letakkan di telinga dengan menghadap ke atas. Bagian tengah dari bawang putih biasanya lebih berwarna kekuningan dibanding bagian lainnya.

3. Biarkan semalaman, buang di pagi hari

Pastikan bawang dalam posisi yang pas untuk diletakkan semalaman di telinga Anda. Di pagi hari, segera cuci telinga Anda dengan air sehingga tidak ada sisa fosfor atau residu apapun di dalamnya.

Nah, mulai sekarang gunakanlah bawang bila Anda ingin membersihkan telinga. Selain mudah, tehnik ini tidak membahayakan indra pendengaran Anda.