Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Anda Ketahui! Bunga Telang Bisa Mengobati Bisul,Mata Merah Dan Sakit Telinga! Ini Caranya!!!


Tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan ini dapat dipakai untuk memberi warna makanan. Airnya juga digunakan untuk minuman penyegar. Sebagian negara Asia digunakan sebagai maknanan alami untuk warna biru ungu yang cantik.

Beberapa negara punya julukan sendiri untuk bunga telang, seperti di Inggris menyebutnya Butterfly pea, Blue Pea vine serta Pigeon wings. Bila di Malaysia di kenal dengan bunga telang, di Thailand disebut dok anchan, di Kanada dimaksud nagar hedi, sedang di Malayam dimaksud Sankhupushpam serta di Jakarta dimaksud Teleng.


Kembang telang diketahui seringkali juga dipakai dengan cara tradisional juga sebagai tonik otak yang baik, sakit tenggorokkan, infeksi mata serta menyembuhkan penyakit kulit. Kembang Telang bisa di buat ekstrak, ekstrak ini sudah terbukti menimbulkan aktivitas sitotoksik pada sel. Demikian juga ekstrak etanol dari kembang telang mempunyai potensi Nephoprotective. Kembang Telang juga bermanfaat juga sebagai antioksidan, bisa dipakai juga sebagai obat bisul, radang mata merah serta sakit telinga.

Untuk penyembuhan abses atau bisul, bunganya yang berwarna biru nila ditumbuk halus lalu digabung dengan gula jawa dipakai juga sebagai salep dioleskan pada abses atau bisul.

Sedang untuk penyembuhan mata merah disebabkan radang, kembang telang di rendam air, biarkan air hingga berwarna biru. Pakai air rendaman sebagai obat cuci mata.

Bila sedang sakit telinga, pakai saja daun kembang telang yang telah dicuci bersih, lumatkan tambahkan sedikit air hangat lalu peras airnya, tambahkan garam, dalam situasi hangat cairan tadi diteteskan pada telinga yang sakit.

Via : Sehatdokter.com