Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Waspada! Obat Nyamuk Bakar Sangat Berisiko Menyebabkan Kanker!



Adakah yang masih menggunakan obat nyamuk bakar untuk membasmi nyamuk-nyamuk di rumah? Mungkin masih ada ya, Sob. Atau bahkan banyak? Bisa dimaklumi, karena obat nyamuk yang satu ini relatif murah, awet, dan efektif bikin keok nyamuk yang berkeliaran di rumah.
Nah, Sob, meskipun efektif, tapi, kudu diperhatikan nih. Salah satu kandungan zat kimia aktif pada obat nyamuk bakar  adalah DDVP (Dichlorovynil dimetyl phospat) termasuk racun kelas satu yang penggunaannya telah dilarang di dunia. DDVP adalah zat berbahaya yang jika terkena zat tubuh terus-terusan akan mengakibatkan kerusakan syaraf, sistem pernapasan terganggu, dan memicu kanker.
Ada juga kandungan propoxur yang juga mengandung senyawa racun karena bisa menganggu sistem reproduksi. Zat kimia lain yang terkandung pada obat nyamuk bakar seperti transflutrin, bioallethrin, d-allethrin, cyphenothrin dan praletrhin mampu membuat aktivitas enzim dalam tubuh menurun sehingga organ hati ikut terganggu.
The US National Institute of Health memberikan pernyataan bahwa asap pembakaran 1 keping obat nyamuk kabar sama dengan asap pembakaran 50-130 batang rokok. Mengerikan sekali ya, Sob! Padahal tahu sendiri bahwa asap rokok sangat karsinogenik alias sangat bisa menyebabkan kanker.
Wah, semoga bisa lebih hati-hati saat menggunakan obat nyamuk bakar, Sob. Semoga bermanfaat. (annida-online)