Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Khasiat Tersembunyi Kunyit untuk Kecantikan Wanita


Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang paling sering dipakai dalam masakan kari. Rupanya, bubuk berwarna oranye ini dapat menyimpan banyak manfaat kecantikan untuk kulit serta rambut. Penasaran? Berikut adalah enam rahasia kecantikan yang tersembunyi dalam kunyit, menurut Mag For Women.


1. Menghambat proses penuaan

Kunyit dikenal mempunyai sifat yang bisa membantu dalam tunda munculnya tanda-tanda penuaan. Campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk sampai membentuk pasta. Berikan di wajah, leher serta lengan. Saat itu mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan bekasnya dengan air hangat. Lakukan ini dengan teratur untuk hindari timbulnya kerutan serta untuk bikin kulit senantiasa tampak lebih muda.

2. Mengurangi jerawat

Karena mempunyai sifat antibakteri serta antiseptik, kunyit bisa membantu untuk melawan jerawat. Ini dapat juga mengontrol sekresi minyak pada kulit serta kurangi sisa jerawat. Campur sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana serta sedikit air lemon. Berikan masker ke semua muka serta biarkan kering. Lalu cuci muka dengan air dingin.

3. Mencerahkan warna kulit

Kunyit bisa meratakan warna kulit serta memberi efek sinar pada kulit. Ini argumen kenapa kunyit kerap dipakai dalam berbagai kebiasaan pernikahan di Asia Selatan, yang biasanya dikerjakan sebelum hari pernikahan, hingga kulit pengantin wanita terlihat lebih cantik serta cerah. Sertakan kunyit dalam masker muka Anda untuk mencerahkan warna kulit Anda.

4. Menyembuhkan belang di kulit akibat sinar matahari

Campur kunyit dengan jus mentimun, serta terapkan secara bebas pada daerah yang terkena paparan cahaya matahari. Pijat dengan cara berbarengan untuk berikan dampak relaksasi. Biarlah disana selama sekitar 1/2 jam saat sebelum membilasnya. Kerjakan perawatan ini dengan teratur untuk mendinginkan kulit serta kurangi belang di kulit.

5. Menghapus sel-sel kulit mati

Campur susu mentah, juice tomat, tepung beras serta bubuk kunyit. Aduk rata sampai membuat pasta. Masker alami ini bisa membantu Anda mengelupas beberapa sel kulit mati. Masker ini juga dapat membantu untuk hindari pembentukan kerutan di kulit.

6. Mengurangi ketombe

Campur sebagian tetes minyak zaitun serta bubuk kunyit. Pakai untuk memijat kulit kepala. Biarlah selama satu jam saat sebelum keramas. Perawatan ini bisa menolong untuk memberi nutrisi ke akar rambut serta cukup efektif dalam mengurangi ketombe. Kunyit juga memiliki sifat yang bisa menolong dalam meningkatkan perkembangan rambut serta memperbaiki keadaan folikel rambut, hingga mengurangi kemungkinan rambut rontok.

Inilah enam manfaat kunyit untuk kecantikan badan Anda. Selamat mencoba di rumah!