Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hiiii.. Lagu Nina Bobo ternyata punya misteri kelam

Lagu ini sudah ada di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda.


Saat kamu kecil menjelang tidur pasti orangtuamu akan menyanyikanmu lagu Nina Bobo. Lagu tersebut memang sukses membuat kebanyakan anak Indonesia bisa terlelap setiap malamnya. Tidak ada yang tahu siapa pencipta lagu ini dan kapan mulai populer namun menurut berbagai sumber lagu ini sudah ada di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/6) lagu Nina Bobo ternyata menyimpan kisah kelam yang akan membuat bulu kudukmu berdiri. Alkisah seorang wanita Jawa bernama Mustika menikah dengan pria berkebangsaan Belanda bernama Van Rodjnik. Dari pernikahan tersebut lahir seorang putri cantik bernama Helenina Mustika Van Rodjnik yang kemudian sering dipanggil Nina.



Sayangnya Nina memiliki penyakit insomnia dimana dia selalu gelisah menjelang tidur dan membuatnya menangis terus. Untuk mengobatinya sang ibu dengan setia bersenandung disamping Nina untuk membuatnya terlelap. Seperti menjadi kebiasaan akhirnya Nina baru bisa tidur jika dinyanyikan lagu oleh ibunya.

Melihat hal tersebut, Van Rodjnik kemudian meminta istrinya untuk membuat lagu pengantar tidur untuk Nina yang kemudian kita kenal sebagai lagu Nina Bobo. Sayangnya sebuah malapetaka terjadi saat Nina berusia 6 tahun. Gadis kecil ini menderita sebuah penyakit dan akhirnya meninggal dunia. 

Kepergian Nina tentu membawa duka mendalam bagi Van Rodjnik dan Mustika. Saking sayangnya Mustika jadi sering mengalami halusinasi yang membuatnya terus menyanyikan lagu nina bobo menjelang tidur selama bertahun-tahun hingga akhirnya dia juga menjemput ajal.

Van Rodjnik yang sendirian di rumah sering merasakan hal mistis sepeninggal istrinya. Berulang kali dia mendengar suara anak kecil menangis. Puncaknya suatu malam Van Rodjnik kembali mendengar tangisan tersebut dan kemudian melihat bayangan anaknya Nina yang sedang berdiri sambil berkata "Papa.. kok papa tidak menyanyikan lagu lagi buat Nina?"

Sejak saat itu pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu, hingga akhirnya dia sendiri menyanyikan lagu nina bobo terus setiap malamnya menjelang tidur. Kebiasaan ini dia ulangi terus berhari-hari sampai akhirnya meninggal dunia.