Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Enam Cara Sederhana Ini


Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh karena fungsi ginjal sebagai pengatur keseimbangan asam basa, pengaturan tekanan dara, merangsang sumsum tulang dan lainnya. Organ ginjal menyaring zat-zat buangan atau limbah dalam tubuh yang merupakan sisa metabolisme. Ginjal menyaring 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter limbah yang berbentuk urin. Urin yang kemudian dikeluarkan saat kita buang air kecil.

Banyak orang yang hanya memiliki satu ginjal karena beberapa sebab, namun mereka masih bisa hidup. Hal ini berbeda jika kedua ginjal tidak berfungsi secara semestinya. Maka diperlukan terapi seperti cuci darah yang bisa menjadi solusi dan harapan para penderita gagal ginjal.

Dengan pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh manusia maka kita harus bisa menjaga kesehatan ginjal agar tetap optimal bekerja sesuai fungsinya. Berikut ini kami akan membagikan  6 langkahmenjaga ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari gagal ginjal :

  1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Minum air putih 6-8 gelas/hari adalah langkah yang mudah sekali anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Hampir 70% tubuh kita membutuhkan air putih dan dengan menjaga asupan air putih  akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, ginjal akan bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan kinerja ginjal menjadi tidak berat.

     2. Memperhatikan Pola Makan

Pola makan harus kita jaga dengan benar agar fungsi ginjal tidak terganggu. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah, sayuran segar, ikan dan daging putih tanpa lemak serta jauhi makanan yang olahan dan kurangi konsumsi garam yang berlebihan. Karena fungsi ginjal sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal bekerja dua kali lebih keras. Juga disarankan untuk tidak  minuman berenergi dalam waktu panjang apalagi disaat dehidrasi.

     3. Kendalikan Kadar Gula Darah dan Hindari Obesitas

Kelebihan berat badan juga menjadi penyebab fungsi Ginjal seseorang menjadi terganggu. Berat badan yang terus naik tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun di sekitar perut. Sehingga, ginjal akan mudah tertekan dan sesak. Jika sudah demikian, ginjal menjadi lebih sulit untuk memproses urin. Tidak heran jika penyakit ginjal sangat mudah menghampiri penderita dengan masalah obesitas. Berolahraga secara rutin menjadi solusi untuk menghindarkan diri dari masalah obesitas dan penumpukan lemak. Waspada juga terhadap makanan dengan kandungan lemak jahat.

Demikian pula orang pengidap penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal memiliki beberapa keterkaitan. Sehingga banyak dari mereka penderita diabetes akhirrnya juga memiliki masalah pada ginjalnya. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk pada tubuh juga sangat penting untuk kesehatan ginjal.

     4. Perhatikan konsumsi Obat Anda

Dengan banyak mengkonsumsi obat obatan secara berat bukan hanya akan berbahaya pada jantung, namun juga akan membuat kerja ginjal semakin berat. Ketika akan memakan jenis obat tertentu lebih baik cobalah konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Khususnya obat nyeri dan obat antibiotik.

     5. Berolahraga.

Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal anda agar tetap prima. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi. Lakukanlah olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit/hari supaya tubuh anda lebih segar dan metabolisme tubuh meningkat.

     6. Menjauh dari rokok dan alkohol

Berhenti merokok merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Karena nikotin dalam rokok adalah faktor utama yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal anda. Demikian juga dengan mengkonsumsi minuman beralkohol, karena alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh sehingga dapat berakibat terjadinya gangguan fungsi ginjal.

Semoga 6 langkah menjaga kesehatan dan fungsi ginjal di atas dapat menjadi referensi bagi anda


sumber : viva.co.id