Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan anggap remeh daun ini, Diam diam ternyata dia punya banyak kelebihan yang kita nggak tau loh!


Pisang merupakan tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Tidak cuma buahnya saja yang bisa digunakan untuk melindungi kesehatan kulit dan memenuhi nutrisi tubuh, daun pisang juga memiliki banyak manfaat. Inilah penjelasan lengkap manfaat daun pisang untuk kesehatan kulit badan Anda.

daun pisang mengandung karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama di perut. Terkecuali mengandung karbohidrat, buah ini dapat mengandung mineral serta vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin E, kalori yang tinggi, potassium, mangan, vitamin B6, serta nutrisi yang lain berbentuk fosfor, kalsium, magnesium, karoten, asam amino, sampai vitamin A. Tidak cuma buahnya saja yang mengandung kandungan nutrisi yang tinggi, tetapi daunnya juga mengandung bahan obat alami berperan untuk menjaga kesehatan kulit.


Kandungan daun pisang yang paling tinggi ialah kandungan allantolin yang berperan untuk memperbarui sel kulit mati di susunan kulit Anda. Bahan antioksidan dapat menetralisir racun didalam tubuh sampai mengandung zat anti radang. Oleh karenanya, bila Anda mau tahu kumpulan manfaat daun pisang ini, segera simak penjelasan lengkapnya dalam lanjutan wacana di bawah ini.

1. Sebagai Ramuan Obat Luka serta Ketombe

Daun pisang mengandung bahan obat alami yang dapat mengobati luka kecil di kulit Anda. Tidak cuma mengobati luka, tetapi daun pisang ini berguna juga untukmengobati masalah kulit seperti ketombe, sengatan matahari, serta eksim. Untuk bikin ramuan obat daun pisang ini, Anda cuma perlu bikin juice sari daun pisang segar serta pakai secara bertahap dalam mengobati gangguan kulit itu. Rendamlah dengan air dingin bila Anda mau menyembuhkan luka bakar kulit yang terkena dengan sengatan sinar matahari.

2. Sebagai Obat Penetralisir Racun Serangga

Kerap memperoleh gigitan serangga yang beracun? Daun pisang memiliki karakter obat yang bisa menetralisir toksin akibat gigitan serangga seperti lebah serta laba laba. Inilah obat alami yang dapat menghilangkan toksin alami serta mengandung antioksidan tinggi menghindari kulit tubuh dari pengaruh buruk lingkungan. Iritasi kulit serta ruam ruam bisa disembuhkan dengan cepat menggunakan ramuan daun pisang ini.

3. Sebagai Obat Kecantikan Kulit

Daun pisang memiliki kandungan bahan aktif allantolin yang digunakan juga sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman. Dengan memakai allantolin dari manfaat daun pisang ini, kulit bisa meningkatkan rangsangan pertumbuhan sel kulit terbaru.

4. Sebagai Obat Peradangan Alami

Bayi mempunyai type kulit yang peka. Jadi, pemilihan produk perawatan kuli bayi juga mesti diambil dengan hati hati. Bila kulit bayi terjadi iritasi atau peradangan, Anda bisa pilih daun pisang juga sebagai salep alami yang mengandung zat alami penyembuh permasalahan kulit bayi. Cuma mencampurnya dengan minyak zaitun dan beeswax, Anda bisa mengatasi ruam popok ataupun gigitan serangga. Selain itu, campuran daun pisang, comfrey, serta cabai rawit bisa digunakan untuk menghilangkan sisa luka di kulit Anda, mengurangi pendarahan, hingga gatal gatal.

Adakah Manfaat lainnya?

Manfaat daun pisang yang lain adalah sebagai berbagai pembungkus bahan makanan, kue, sampai berbagai sayuran serta masakan di semua wilayah Indonesia.

Untuk berbagai resep kue serta masakan telah tak terhitung jenisnya yang memanfaatkan daun pisang juga sebagai pembungkus yang bakal menambah gurih makanan serta bermacam hidangan kue anda. Berikut adalah beberapa makanan yang memakai daun pisang untuk membungkusnya.
  • Kue
  • Otak otak
  • Pepes ikan
manfaat daun pisangMasih banyak lagi olahan makanan yang memakai daun pisang, terkecuali untuk tubuh fungsi eksternal daun pisang sangatlah banyak. Mengapa orang memakai daun pisang untuk membungkus kue serta masakan? aroma daun pisang sangat harum yang bisa menambah gurih masakan anda.

Nah, inilah uraian kandungan daun pisang beserta dengan kumpulan manfaat daun pisang yang bertindak aktif dalam melindungi kesehatan tubuh Anda. Mengobati luka, gigitan serangga, sampai iritasi bisa Anda sembuhkan dengan meracik ramuan daun pisang ini karena mengandung allantolin, zat antioksidan yang tinggi, sampai zat anti radang alami yang aman untuk tubuh.