Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kulit kamu tiba-tiba memar berwarna biru? Jangan panik, ini sebabnya

Beberapa orang kadang menyebut hal itu akibat dicubit setan


Kamu pasti pernah mengalami hal ini, tiba-tiba kulitmu memar dan membentuk lingkaran biru? Bila dipegang terkadang menjadi ngilu dan sakit. Padahal kamu sebelumnya tidak dipukul maupun terjatuh. Pertanda apa ini?

Beberapa orang kadang menyebut hal itu akibat dicubit setan? Wah, kok bisa ya? Jangan terburu-buru merasa ngeri dengan anggapan orang tersebut. Menurut medis, kejadian tersebut bukan karena dicubit setan melainkan karena suatu fenomena bernama purpura simplex.



Purpura simplex adalah penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembulung darah. Biasanya terjadi di sekitar paha dan belakang lutut. Meski begitu jangan khawatir karena memar biru ini tidak akan menyebar ke selaran tubuh. Purpura simplex ini memang sering terjadi pada wanita daripada pria.

Banyak hal yang memicu purpura simplex. Di antaranya stres, kelelahan, efek obat dan kekurangan trombosit. Meski tidak menyebar namun diharapkan untuk selalu waspada, karena jika memar biru diikuti demam tinggi bisa jadi itu adalah awal mula penyakit hemofilia. Waduh!