Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengobatan Alami untuk Demam Berdarah


Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam penatalaksanaan pasien demam berdarah :

1. Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga sampai hari ini dokter belum bisa menemukan obat yang tepat
2. Penularan virus ini dilakukan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang di air bersih yang menggenang . sehingga menguras penampungan air maupun bak mandi secara teratur adalah sangat perlu . jangan menimbun barang-barang bekas (misal; ban bekas, kaleng bekas dll), di halaman yang menyebabkan genangan air hujan sehingga nyamuk Aedes berbiak disitu, barang bekas sebaiknya dimanfaatkan atau sedekahkan kepada pemulung yang mungkin bisa memanfatkannya. tempat penampungan air yang lama tidak dikuras akan menjadi sarang bukan saja jentik-jentik tapi juga bermacam-macam benih penyakit/kuman-kuman, maupun jamur .
3. Pengobatan terhadap pasien demam berdarah terutama adalah memberikan cairan yang cukup, karena biasanya pasien mual dan muntah maka pemberian cairan dilakukan melalui infus .


Pada pasien demam berdarah, untuk mengurangi mualnya dapat diberikan 2 jari kunyit+ 1 jari temu putih dipotong tipis-tipis, masukkan dalam 500 cc air dimasak sampai air tinggal separuh, diamkan sampai hangat, tambahkan madu 125 cc , cairan diminumkan 3 X sehari @ 50 cc .

4. Obat-obat yang lain dimanfaatkan sesuai gejalanya yang muncul, air jahe untuk menghilangkan sakit kepala dan menurunkan panas, 1 siung bawang putih dikukus dicampurkan makan diharapkan akan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, obat lain sesuai kebutuhan .

5. Untuk meningkatkan /memulihkan stamina saya anjurkan diberikan air perasan kurma caranya: 7 butir kurma direndam dalam 250 cc air hangat, diperas, disaring diminum 2X sehari @ 1 gelas/ 250 cc, belakangan sudah ada dijual sari kurma, dosisnya 3 kali sehari @ 2 sendok makan . 2 butir tomat dipotong-potong lalu diperas, ditambah 1 sendok teh madu sebagai pemanis juga bisa membantu mempercepat pemulihan kebugarannya. Demikianlah semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum. wr.wb