Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Duduk bersimpuh wanita itu asyik menenun.


Yang biasa memegang uang pastinya kamu hafal gambar di uang pecahan Rp 5.000 dong? Berbicara perihal pecahan uang kertas Rp 5.000, selain memasang wajah Imam Bonjol pada bagian depannya, di bagian belakang dari ternyata memasang gambar seorang wanita yang sedang asyik menenun.

Wanita yang menggunakan pakaian khas Sumatera itu bukanlah seorang pahlawan nasional seperti kebanyakan sosok yang dipasang di uang kertas pada umumnya. Lalu siapa sosok wanita yang memainkan tenun tersebut?

Natasha Annestessya adalah wanita yang berada di bagian belakang uang Rp 5.000 tersebut. Natasha dipilih sebagai salah satu model yang dipasang di belakang uang tersebut setelah berhasil memenangkan pemotretan dengan alat penenun Pandai Sikek yang dilaksanakan oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Peruri).

Seperti yang dilansir brilio.net dari website resmi Peruri, peruri.co.id, Jumat (29/5), dari seratus kontestan, Natasha adalah sosok yang dianggap pantas oleh juri sebagai model di belakang uang Rp 5.000.



Saat mengikuti kontes tersebut, Natasha merupakan mahasiswa semester tiga Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI). Natasha memang dikenal sebagai anak yang cerdas dan berbakat. Kini Natasha telah berkeluarga dan tinggal di California, Amerika Serikat (AS) bersama suami dan anaknya.

Masyarakat umum memang tidak banyak yang tahu perihal sosok Natasha ini. Padahal sampai hari ini, wajah Natasha masih menghiasi uang kertas Rp. 5.000. Jika saja Natasha tinggal di Indonesia, pasti menarik ya, karena sang anak akan senantiasa melihat wajah ibunya terpampang di uang jajannya.