Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Perlu Calon Istri Salehah, Baca 6 Kriteria Ini, Disebutkan al-Qur'an


Anda mungkin kerapkali mengidentikkan salehah itu berarti baik dalam segala hal, tak boleh ada kekurangan. Tetapi, tunggu dulu, dalam Al-Qur’an, Allah tak hanya memperkenalkan kriteria salehah.

Ada kriteria lain yang bisa jadi lebih mudah dicapai lebih dulu bagi perempuan yang sedang belajar menuju salehah. Kriteria itu ada dalam Surat At-Tahrim ayat 5:

1. Muslimah
Perempuan yang berserah diri kepada Allah dan tunduk patuh kepada-Nya.
Seperti dulu Nabi Ibrahim berserah diri kepada Allah: “(Ingatlah) ketika Tuhan berfirman kepadanya (Ibrahim), “Aslamtu, berserah dirilah”. Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku berserahdiri kepada Tuhan Seluruh Alam)”

2. Mukminah
Perempuan mukmin, mereka yang berhasil menjaga keimanannya agar tidak hilang, tidak menurun dan tidak lekang oleh waktu.

3. Qonitah
Perempuan yang sangat taat kepada Allah.

Dalam ayat ke-12 surat At-Tahrim, Maryam secara jelas diberi predikat ini, ” dan Maryam putri Imron yang memelihara kehormatannya, maka kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh ciptaan kami, dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya, wa kaanats minal qonitiin, dan dia termasuk perempuan yang taat”.

4. Taaibah
Perempuan yang selalu bertaubat.
Sebuah implementasi perintah Allah di ayat ke-8 surat At-Tahrim: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha, taubat yang sungguh-sungguh.”

5. ‘Aabidah
Perempuan yang suka beribadah. Sholat wajib tepat waktu, sholat sunnah tak pernah dibiarkan berlalu.

6. Saaikhah
Perempuan yang suka berpuasa. Puasa wajib di bulan Ramadhan lengkap, puasa sunnah tak pernah terlewat.

Sekarang pilihannya lebih banyak, ada enam kriteria.

Perempuan islam, gadis ataupun janda, tak boleh lagi merasa rendah diri karena merasa belum salehah.

Jika satu kriteria sudah ada, bisa lanjut ke kriteria kedua dan mudah-mudahan bersungguh-sungguh menjadi salehah. Sebaik-baik perhiasan dunia.

Begitu pula kepada lelaki yang mencari calon istri salehah, tidak perlu kaku, yang penting sudah ada kriteria tersebut di atas.

Sumber: makassar.tribunnews