Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Mengelupas


Kulit telapak kaki merupakan daerah bagian kulit yang tidak memiliki kelenjar minyak dan hanya mengandalkan kelenjer keringat untuk menjaga kelembapannya. Kulit telapak kaki daerah yang paling sering kering diantara bagian kulit lainnya.

Dr. Citra Roseno Mengatakan kulit kering yang mengelupas ini juga dapat diakibatkan bisa karena iritasi bahan kimia, alergi, kelainan kulit, sistemik, atau menggunakan alas kaki yang tidak tepat sehingga menyebabkan tekenan atau gesekan pada kulit bisa membuat kulit kaki menjadi kasar dan pecah-pecah.


Bagaimana cara mengatasi kulit telapak kaki yang sudah terlanjur kering dan terkelupa.  lakukan langkah-langkah berikut ini:

Lembabkan kaki

Cukupi hidrasi tubuh. Ketika mandi, gunakan sabun yang mengandung pelembap (moisturizer) terutama pada kaki.

Lakukan eksfoliasi

Periksa area kaki secara rutin. Bila terdapat kulit yang mengelupas, lembapkan 2-3 kali sehari. Bila terdapat kulit yang menebal, gosok (eksfoliasi) area tersebut dengan batu apung secara lembut untuk membantu pengelupasan sel kulit yang mati dan keras, kemudian oleskan pelembap.

Oleskan krim perawatan khusus tumit

Oleskan krim pelembap pada daerah yang kering secara rutin, setelah mengeringkan kaki. Beberapa jenis pelembap kaki juga mengandung zat yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam sel kulit seperti urea dan saccharideisomerate.

Gunakan alas kaki yang nyaman

Gunakan alas kaki yang lembut dan nyaman. Apabila pemicu kulit mengelupas adalah akibat iritasi kronik dengan bahan kimia seperti detergen, maka lindungi kulit dari kontak dengan zat tersebut.

Apabila langkah di atas sudah dilakukan di rumah namun tidak didapatkan perbaikan, keluhan semakin memberat, atau terdapat luka, kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda memperoleh penanganan yang optimal.