Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tulis CV-mu dengan huruf ini, dijamin panggilan kerja segera datang

Kirim lamaran belum juga dipanggil interview, jangan-jangan ada yang salah dengan huruf pada Curriculum Vitae (CV) mu.


Kata orang cari kerja itu susah. Sudah melamar ke sana-sini, kirim Curriculum Vitae (CV) ke perusahaan ini-itu tapi belum dipanggil-panggil buat wawancara kerja. Ada yang salah ya? Mungkin saja! Coba perhatikan lagi deh, jangan-jangan kamu salah dalam menggunakan huruf ketika menulis CV. Lho memangnya ngefek ya?

Beberapa waktu yang lalu, Bloomberg Business, seperti dikutip brilio.net dari website resmi Bloomberg, Selasa (26/5), melakukan survei mengenai pembuatan CV, dan hasilnya cukup mengejutkan. salah menggunakan huruf ternyata berpotensi lamaranmu tidak diterima, waduh!

Hal ini disebabkan karena ada beberapa huruf yang dipercaya dapat membuat CV-mu terlihat meyakinkan, tapi ada juga yang tidak sama sekali mencerminkan profesionalitas.

Menurut Brian Hoff, direktur kreatif Hoff Design, huruf Helvetica adalah huruf yang paling tepat digunakan ketika menulis surat lamaran dan CV. Menurutnya jenis huruf Helvetica merupakan huruf yang sederhana, tidak rumit, tapi mengesankan profesionalitas, jujur, dan ringan.

Selain Helvetica, Garamond juga salah satu yang disukai dalam keperluan profesional karena mudah terbaca, nggak bikin mata sakit walaupun berukuran kecil.

Kamu yang bekerja di industri kreatif wajib menggunakan jenis huruf yang mencerminkan kreativitasmu, contohnya jenis huruf Didot. Menurut Matt Luckhurst, direktur kreatif Collins, sebuah biro konsultan merek di San Fransisco, Didot merupakan jenis huruf yang indah, tinggi, dan sedikit feminin. Cocok banget digunakan untuk melamar kerja kreatif. Huruf di CV-mu pakai jenis huruf apa, guys?