Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wanita perlu tau!! 5 Cara Cepat Atasi Kram Perut Saat Menstruasi


Sekitar 85% perempuan mengalami kesakitan pada hari-hari pertama menstruasi. Diantaranya merasakan kram perut, sakit punggung dan migrain.

Jika sedang mengalami hal tersebut sekarang, lakukan beberapa langkah berikut yang bisa mengurangi rasa sakit dalam waktu cepat. Dilansir dari Today, berikut daftarnya.


1. Makan lebih banyak serat

Saat menstruasi banyak perempuan yang lebih memilih comfort food yang disukai, sayang sedikit yang memilih sayur dan buah sebagai makanan kesukaan.

Tambahkan 20 gram serat dalam menu harian saat menstruasi ini efektif mengurangi rasa kram, nyeri punggung sebesar 25% ujar peneliti dari Kanada.

2. Usap perut

Mengusap perut dengan minyak calendula ke perut selama 20 menit bisa menenangkan kram menstruasi hingga 81%. Minyak calendula kaya senyawa yang membuat otot-otot lebih rileks ujar penulis penelitian.

3. Pijat punggung

Duduklah dengan santai di atas bantalan empuk dengan telapak kaki telanjang. Kemudian dengan menggunakan ibu jari, pijat garis punggung selama tiga menit. "Teknik akupresur ini membantu merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa menghilangkan rasa sakit," ujar Susan Lark, MD penulis buku Dr. Susan’s Solutions: The Menstrual Cramps Cure.

4. Letakkan botol berisi air hangat di perut

Menurut studi peneliti dari Stanford University, meletakkan botol berisi air hangat di perut dapat menenangkan kram menstruasi seefektif obat. "Menghangatkan perut akan membuat otot rileks dan meningkatkan aliran darah, sehingga membantu meringkan nyeri," ujar dokter Lark.

5. Berolahraga di luar ruangan

Dalam studi di Selandia Baru, ketika perempuan berolahraga rutin 30 menit empat kali seminggu dalam dua bulan bisa mengurangi masalah menstruasi. Lalu, jika sedang sakit karena menstruasi lakukan juga olahraga. Kombinasi antara gerak dan sinar matahari bisa memproduksi serotonin, yang membantu Anda lebih tenang dan bahagia menurut Maria-Annette Brown, PhD penulis When Your Body Gets The Blues.