Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Waspadai 7 Makanan Pemicu Batu Ginjal


Batu pada saluran kencing, khususnya batu ginjal terbentuk jika dalam urin terdapat zat-zat pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat, dan asam urat sedangkan jumlah cairan dalam urin sedikit dan tak mampu melarutkannya. Karena konsentrasinya tinggi akibatnya terbentuk kristal-kristal mengendap dan saling menempel sehingga terbentuklah batu ginjal.

Gejala batu ginjal bervariasi, tapi ada beberapa keluhan umum seperti sakit pinggang, sering buang air kecil, mual, demam, menggigil dan kelelahan ekstrim.

Kendati demikian, batu ginjal merupakan salah satu masalah yang paling umum yang dihadapi oleh sebagian besar orang yang kurang minum, konsumsi alkohol yang berlebihan, faktor keturunan, kelebihan berat badan, masalah pencernaan dan diet yang tidak tepat.

Berikut ini ada contoh makanan tertentu yang dapat memicu batu ginjal, seperti dikutip Boldsky, Sabtu (7/11/2015):

1. Daging Merah

Daging merah tinggi protein sehingga meningkatkan risiko batu ginjal karena kadar asam uratnya.

2. Minuman berkarbonasi

Mengonsumsi rutin minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan, minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang menyebabkan batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

3. Karbohidrat murni

Karbohidrat dimurnikan seperti nasi putih, gula, dan tepung halus menghasilkan tingkat tinggi insulin yang menyebabkan infeksi saluran
kemih. Hal ini dapat memicu pembentukan batu ginjal.

4. Kafein

Terlalu banyak asupan kafein meningkatkan sekresi kalsium dalam urin dan memicu batu ginjal. Karena sifat dieuretiknya, kafein juga memicu dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab utama batu ginjal.

5. Pemanis Buatan

Pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal. Menurut penelitian, orang yang kerap mengonsumsi minuman pemanis buatan berisiko tinggi batu ginjal.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak ginjal dan hati. Alkohol dapat mengganggu fungsi normal ginjal dan meningkatkan risiko batu ginjal.

7. Garam meja

Bukan hanya tinggi natrium atau sodium, garam juga memicu tekanan darah, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Kurangi asupan garam adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.


sumber : liputan6.com