Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Biarkan Fakta Yang Bicara: Anies Kepala Daerah Paling Responsif Tangani Corona

Biarkan Fakta Yang Bicara: Anies Kepala Daerah Paling Responsif Tangani Corona


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinilai sebagai kepala daerah paling responsif dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Hal itu terungkap dalam survei terbaru Indonesia Public Opinion (IPO).

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan Anies Baswedan menjadi kepala daerah yang dianggap paling responsif menurut publik. Penilaiannya mencapai 62,6 persen.

"Kemudian di posisi kedua ada Pak Ganjar Pranowo dengan 60,1 persen. Menariknya di posisi ketiga yang biasanya adalah Ridwan Kamil ternyata tidak, di posisi ketiga kepala daerah yang paling responsif adalah Sri Sultan Hamengkubuwono dengan perolehan persepsi 54,3 persen, baru disusul oleh Pak Ridwan Kamil 53,0 persen," jelasnya dalam diskusi daring, Sabtu (3/7).

Dalam menyusun survei tersebut, IPO melakukan sampling di hampir 30 provinsi dan 135 desa di Indonesia dengan total 1.350 responden.

"Periode survei kami dari tanggal 8 sampai 25 Juni 2020 responden 1350 yang tersebar di 135 dari 30 provinsi di Indonesia," kata rilis itu.

Adapun metode yang dilakukan yaitu Wellbeing Purposive Sampling (WPS), yaitu model penentuan responden untuk mengukur indeks persepsi publik.

Dalam menentukan pilihannya, pihak IPO memberikan sejumlah pilihan nama kepala daerah. Tak hanya itu, IPO turut membebaskan para responden untuk memasukkan nama kepala daerah pilihannya sendiri yang menurut mereka memiliki responsivitas baik dalam penanganan COVID-19 di daerahnya masing-masing.

"Responden memiliki bantuan berupa daftar nama kepala daerah tingkat Provinsi (Gubernur), dan diperkenankan menyebutkan tokoh lain (Wali Kota/Bupati) yang responden anggap memiliki responsivitas baik dalam penanganan pandemi beserta implikasi sosial politiknya," tulis rilis itu.

Persepsi publik pada pemerintah

Penilaian publik terhadap kinerja Kepala Daerahpaling responsif dalam penanganan pandemi COVID-19. Foto: Dok. Indonesia Political Opinion

"Data ini hanya menampilkan nama dengan perolehan respons minimum 5 persen," sambungnya.

Sejumlah faktor menjadi tolok ukur dalam melakukan penilaian responsivitas dari masing-masing kepala daerah. Faktor tersebut yakni bantuan sosial, terlibat langsung (dalam penanganan pandemi), transparansi, ketegasan instruksi, serta layanan publik.

Berikut daftar 10 besar kepala daerah dengan responsivitas terbaik dalam penanganan COVID-19 versi IPO

1. Anies Baswedan 62,6%

2. Ganjar Pranowo 60,1%

3. Sri Sultan Hamengkubuwono 54,3%

4. Ridwan Kamil 53,0%

5. I Wayan Koster 48,4%

6. Nova Iriansyah 45,2%

7. Tri Rismaharini 40,1%

8. Edy Rahmayadi 40,0%

9. Sehan Salim Landjar 37,7%

10. Khofifah Indar Parawansa 36,2%